Ini Hasil Pertandingan Fiorentina v Juventus

Pelatih Juventus, Juventus Massimiliano Allegri. Foto: Istimewa
Pelatih Juventus, Juventus Massimiliano Allegri. Foto: Istimewa
Pelatih Juventus, Juventus Massimiliano Allegri. Foto: Istimewa

POJOKSATU – Stadion Artemio Franchi yang menjadi markas Fiorentina masih sulit ditundukkan oleh Juventus. Jika musim lalu mereka takluk 2-4 dari tuan rumah, kemarin mereka dipaksa bermain imbang tanpa gol dengan La Viola-julukan Fiorentina.  Hasil ini membua peluang AS Roma untuk memperpendek jarak dengan Juventus.  Ini jika Roma dini hari tadi mampu menaklukkan Sassuolo di Olimpico.  Juve saat ini unggul empat poin dari Roma (35-31).

Pelatih Fiorentina Vincenzo Montella mengungkapkan, bahwa timnya bisa menahan imbang Juve karena dia sudah memprediksi strategi arsitek Juventus Massimiliano Allegri.

“Anda tidak dapat menyembunyikan apapun,” ujar Montella kepada Sky Spors Italia.

Menurut Montella, dia bisa membaca kelemahan Bianconeri — julukan Juventus — setelah Allegri mengubah formasi tim besutannya. Di mana, Juve yang biasanya bermain dengan formasi empat pemain belakang, kemarin tampil dengan formasi 3-5-2.


“Kami sudah berkali-kali menguji formasi itu (3-5-2) dalam latihan, dan uniknya mereka menggunakan skema itu saat melawan kami,” tegasnya.

Allegri sendiri menyebutkan bahwa finishing yang buruk adalah penyebab utama kegagalan Juve membawa pulang poin maksimal.

“Kami terlalu banyak membuang peluang ketika sudah berada di dalam kotak penalti,” ucapnya kepada Footbal Italia. “Padahal, untuk menciptakan satu peluang saja, kami  harus bersusah payah,” tegasnya.

Dalam laga tersebut, Juventus memang lebih mendominasi 51 persen jalannya pertandingan. Gianluigi Buffon dan kawan-kawan juga lebih banyak mengeluarkan tembakan kearah gawang.  Total, mereka melepaskan delapan kali shoot, tiga di antaranya on target. (dik/bas)