Everton Jadikan Pemain Muda ini Kiper Termahal Inggris

kiper termahal inggris, jordan pickford, everton, bursa transfer
Everton dan Sunderland sudah sepakat soal harga Jordan Pickford.

POJOKSATU.ID, EVERTON–Kiper muda Inggris, Jordan Pickford menjadi kiper termahal Inggris sepanjang sejarah, setelah Everton dan Sunderland mencapai kata sepakat soal harga sang pemain.

Dilansir BBC Sport, Everton bersedia menebus pemain yang tengah membela Timnas Inggris U-21 itu dengan mahar 30 juta poundsterling atau sekira Rp570 miliar.

Pickford pun tinggal menjalani tes medis sebelum menuntaskan kepindahannya ke klub sekota Liverpool itu.

Dengan harga selangit, Pickford akan menjadi kiper termahal Inggris, atau kiper termahal ketiga sepanjang sejarah. Ia hanya kalah dari Ederson yang baru saja didatangkan Manchester City dari Benfica seharga 34,7 juta pounds.


BACA JUGA:
Chelsea Bidik Pemain Ini Sebagai Pengganti Hazard
Tontowi/Liliyana Susah Payah Singkirkan Wakil Korea

Ederson sendiri memecahkan rekor Gianluigi Buffon yang sempat bertahan 16 tahun. Buffon menjadi penjaga gawang termahal dunia kala direkrut Juventus dari Parma senilai 32,6 juta pounds.

Pickford yang baru berusia 23 tahun kini menempati posisi ketiga kiper termahal dunia, tampil impresif dalam 29 laga bersama Sunderland musim lalu. Sayang ia gagal menyelamatkan timnya dari degradasi.

Pickford bergabung dengan akademi the Black Cats pada 2010. Sempat dipinjamkan ke Darlington, Alfreton Town, Burton Albion, Carlisle United, Bradford City hingga Preston. Pickford kembali ke Sundelrand dan melakoni laga debut di tim senior ketika Sunderland takluk 1-3 dari Arsenal di Piala FA, January 2016.

Sebelumnya, Everton mengincar Joe Hart, namun Manchester City enggan melepasnya jika hanya berstatus pinjaman. Padahal Joe Hart membutuhkan penampilan reguler musim depan. Sebab hanya dengan cara itu, Hart bisa dipanggil masuk Timnas Inggris untuk tampil di Piala Dunia 2018 mendatang.

Manajer Everton akhirnya memilih Pickford karena melihat masa depan cerah pada sosok kiper muda Inggris itu. Meski keputusan ini mendapat banyak kritikan karena menganggap Pickford tidak terlalu baik untuk menjadi penjaga gawang utama di Goodison Park.

(bbs/fat/pojoksatu)