Pellegrini Wariskan Tiket Liga Champions untuk Guardiola

POJOKSATU.id, SWANSEA – Manuel Pellegrini berhasil menyelamatkan posisi terbaik yang bisa dipersembahkannya dalam musim yang antiklimaks bagi Manchester City. Hasil imbang 1-1 di kandang Swansea City di pekan terakhir Liga Primer Inggris 2015-2016, membuat The Citizens mendapatkan tempat di Liga Champions musim depan.

Sedianya, laga ini bakal digelar serentak dengan tim tetangga, Manchester United, yang memainkan laga kandang menghadapi AFC Bournemouth, Minggu (15/5). Namun, beberapa jam sebelum kick-off, ditunda untuk waktu yang belum ditentukan. Penonton yang sudah masuk ke stadion harus dievakuasi karena diduga ada ancaman serius yang mengarah ke terorisme.

City menunjukkan ambisinya untuk tidak membiarkan pelatih baru mereka musim depan, Josep Guardiola, memulai karirnya di Liga Europa. Kelechi Iehanacho mencetak gol ketika laga baru berjalan lima menit.

Sebuah umpan rendah yang dilepaskan Kevin De Bruyne dimanfaatkan oleh Iheanacho dalam kebingungan pemain Swansea yang menganggap gol tersebut tidak sah karena off-side.


Swansea membalas di pengujung babak pertama melalui Andre Ayew. Ayew mencetak gol setelah melepaskan tendangan bebas yang mengenai kepala Fernandinho. Bola mengarah ke sisi atas gawang Joe Hart.

Hasil ini membuat City bercokol di peringkat keempat klasemen akhir Liga Primer Inggris 2015-2016 sekaligus mempertahankan keikutsertaan ke Liga Champions musim depan. City unggul selisih gol karena hasil maksimal yang dicapai pesaing mereka di peringkat kelima, Manchester United, dalam laga versus Bournemouth hanya bisa menyamai angka. Liga Inggris mengatur bahwa tim yang memiliki poin sama dengan selisih gol terbesar adalah yang dianggap menang.

(her/pojoksatu)