Kecerdikan Van Gaal Jarang Gagal

Van-GaalManchester United kembali ke jalur kemenangan usai menaklukkan  Queens Park Rangers (QPR). Kecerdikan Louis van Gaal menjadi senjata utama Setan Merah untuk hasil positif tersebut.

Pada laga ini, United yang mengawali pertandingan dengan formasi 3-5-2 sejak awal kesulitan menekan tuan rumah. Sebaliknya, QPR mampu menciptakan sejumlah peluang gol. Beruntung kiper David de Gea tampil prima dan beberapa kali mampu menyelamatkan gawangnya.

Tetapi, kecerdikan Van Gaal yang mengubah formasi menjadi 4-4-2 di babak kedua membuat tim tamu akhirnya menuai hasil positif. Marouane Fellaini dan James Wilson yang dimasukkan di babak kedua menggantikan Juan Mata dan Jonny Evans bahkan menjadi aktor kemenangan lewat gol-gol mereka.

“Saya pikir, kecepatan selalu penting, itulah mengapa saya memainkan Angel Di Maria sebagai penyerang. Ketika saya mengubah bentuk tim, saya tetap menginginkan kecepatan di lini depan. Oleh karena itulah saya mengubahnya sedemikian rupa,” ujar Van Gaal kepada MUTV.


“Perubahan itu mengundang risiko, tetapi kami menang 2-0. Jadi, saya pikir risikonya sepadan,” lanjut Van Gaal.(amr/ian)