Hajar Newcastle 3 – 1, MU Tempel City

Wayne Rooney membuka keran gol MU ke gawang Liverpool. Foto: istimewa
Wayne Rooney membuka keran gol MU ke gawang Liverpool. Foto: istimewa
Wayne Rooney cetak dua gol saat MU mengalahkan Newcastle 3-1 Foto: istimewa

POJOKSATU – Manchester United tampil superior dengan menggulung tamunya tamunya, Newcastle 3 -1, Jumat (26/12/2014). Dua gol Setan Merah dicetak Wayne Rooney pada menit ke-22 dan 36 dan satu gol disumbangkan Van Persie pada menit ke-53. Sementara gol penghibur Newcastle dicetak Papiss Cisse melalui kotak finalti.

Pada babak pertama, kedua tim memperagakan permainan atraktif dan saling serang. Namun tuan rumah tampil lebih efektif dalam menciptakan gol. Tuan rumah tampil percaya diri di hadapan pendukungnya.

Old Trafford bergemuruh saat Wayne Rooney mencetak gol pada menit ke-22. Dari skema umpan terobosan, Rooney melakukan sontekan dari assist Radamel Falcao.

Ini merupakan buah dari hasil perjuangan tim asuhan Van Gaal yang melakukan sedikitnya lima upaya penetrasi sejak babak pertama. Tensi sempat mereda pasca gol Rooney. Permainan hanya berputar di lini tengah. Namun, MU secara tiba-tiba kembali membangun  serangan cepat.


Wayne Rooney kembali tampil sebagai pahlawan berkat aksi briliannya. Wazza meneruskan umpan matang Juan Mata ke dalam kotak penalti Newcastle. Sepakan keras sang kapten tak mampu dihalau Alnwick. MU menutup paruh pertama dengan skor 2-0.

Pada awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-53, MU memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Banyaknya ruang di lini tengah dan lini belakang Newcastle membuat United dengan leluasa mencetak gol ketiga ini.

Diawali oleh serangan balik yang dibangun oleh Mata, bola lantas diberikan kepada Rooney. Usai mencari rekannya sejenak, Rooney melepaskan umpan lambung ke kotak penalti. Umpan lambung itu lantas disambut dengan sundulan oleh Van Persie dan gawang Newcastle pun bobol lagi.

Empat menit berselang, Newcastle mendapatkan peluang bagus lewat sepakan Armstrong dari dalam kotak penalti. Tetapi, tendangan Armstrong masih melebar di sebelah kiri De Gea.

Newcastle kembali mendapatkan peluang di menit ke-78. Berawal dari kesalahan Darren Fletcher, bola direbut oleh Ayoze. Setelah mengecoh Paddy McNair di dalam kotak penalti, Ayoze melepaskan sebuah sepakan datar, tetapi sepakannya masih bisa diblok oleh De Gea.

Tim tamu akhirnya mendapatkan gol pada menit ke-87 lewat tendangan penalti. Penalti tersebut diberikan setelah Jack Colback dilanggar di dalam boks oleh Phil Jones

Papiss Cisse yang menjadi algojonya tidak membuang percuma kesempatan itu. Tendangannya mengarah ke sudut atas gawang De Gea dan skor berubah menjadi 3-1.

Sampai peluit panjang dibunyikan, tidak ada lagi gol tambahan. United menang 3-1 dan kini tetap berada di posisi ketiga dengan koleksi nilai 35. Sementara, Newcastle ada di posisi ke-10 dengan nilai 23. (one)