Hasil Lengkap Leg Pertama 16 Besar Liga Europa: 4 Tim Tamu Menang

George Edmundson mencetak satu-satunya gol tuan rumah saat Rangers dipermalukan Bayer Leverkusen 1-3, di Ibrox Stadium (Glasgow), Jumat (13/3/2020) dini hari WIB.
George Edmundson mencetak satu-satunya gol tuan rumah saat Rangers dipermalukan Bayer Leverkusen 1-3, di Ibrox Stadium (Glasgow), Jumat (13/3/2020) dini hari WIB.

POJOKSATU.id, GLASGOW – Di tengah kekhawatiran akan virus corona, enam pertandingan babak 16 besar Liga Europa tetap digelar tadi malam atau tepatnya Jumat (13/3/2020) dini hari WIB. Sementara dua lainnya, terpaksa ditunda.

Dua pertandingan yang ditunda itu melibatkan tim Italia dan Spanyol, dua negara Eropa paling parah terpapar virus corona. Yaitu duel Inter Milan kontra Getafe, dan Sevilla menghadapi Spanyol.

Dari enam laga yang tetap digelar dini hari tadi, hanya dua yang berlangsung terbuka sementara lainnya digelar tanpa penonton.

Salah satu pertandingan yang tetap disaksikan langsung suporter adalah duel Rangers kontra Bayer Leverkusen di Ibrox Stadium (Glasgow). Pertandingan ini dimenangkan tim tamu dengan skor 3-1.

Leverkusen unggul lebih dulu pada menit ke-37 melalui eksekusi penalti Kai Havertz yang sukses menaklukkan Allan McGregor.

Tendangan first time Aranguiz pada menit 67 menggandakan keunggulan Leverkusen.

Rangers memperkecil ketinggalan pada menit 75 lewat sundulan George Edmundson memanfaatkan umpan sepak pojok. Namun sontekan Leon Bailey pada menit 83 menegaskan kemenangan Leverkusen menjadi 3-1.

Pertandingan lain yang berlangsung terbuka adalah ketika klub Turki, Basaksehir menjamu wail Denmark, FC Copenhagen. Penalti Edin Visca dua menit sebelum laga berakhir memberi kemenangan tipis 1-0 bagi Basaksehir.

Eintracht Frankfurt takluk 0-3 dari Basel di Commerzbank-Arena (Frankfurt), Jumat (13/3/2020) dini hari WIB.

Eintracht Frankfurt takluk 0-3 dari Basel di Commerzbank-Arena (Frankfurt), Jumat (13/3/2020) dini hari WIB.

Di Commerzbank-Arena (Frankfurt), FC Basel memanfaatkan ‘ketidakhadiran’ suporter tuan rumah dengan meraih kemenangan mencolok 3-0 atas Eintracht Frankfurt.

Gol-gol tim tamu dihasilkan melalui tendangan bebas Samuele Campo pada menit 27, Kevin Bua pada menit 73 dan Fabian Frei lima menit sebelum pertandingan berakhir.

Sementara duel Olympiakos kontra Wolves di Georgios Karaiskakis Stadium (Piraeus) berakhir sama kuat 1-1.

Tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 29 setelah Ruben Semedo mendapat kartu merah.

Meski demikian, Olympiakos yang mampu unggul lebih dulu pada menit 54 lewat aksi Youseff El Arabi. WOlves menyamakan kedudukan 13 menit berselang melalui gol Pedro Neto memanfaatkan umpan Joao Moutinho.

Adapun pertandingan Wolfsburg kontra Shakhtar Donetsk di Volkswagen Arena (Wolfsburg) diwarnai dua eksekusi penalti yang gagal. Laga ini berakhir dengan skor 2-1 untuk tim Ukraina.

Shakhtar membuka keunggulan pada menit 17 usai sundulan Junior Moraes menyambut bola rebound sukses menjebol gawang Wolfsburg.

Lima menit kemudian tim tamu mendapat peluang menggandakan keunggulan dari titik putih. Tapi eksekusi Viktor Kovalenko bisa diantisipasi dengan baik kiper Wolfsburg, Koen Casteels.

Pada masa injury babak pertama, Wolfsburg juga mendapat hadiah penalti. Tapi peluang menyamakan kedudukan itu disia-siakan Wout Weghorst setelah tendangannya melambung tinggi dari sasaran.

Wolfsburg akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit 48 melalui gol John Brooks.

Kemenangan Shakhtar ditentukan oleh Marcos Antonio pada menit 73, memanfaatkan bola rebound.

Sementara itu, Manchester United berpesta lima gol tanpa balas di kandang klub Austria, LASK, Raiffeisen Arena (Pasching).

Odion Ighalo mengawali pesta gol Manchester United atas LASK di Raiffeisen Arena (Pasching), Jumat (13/3/2020) dini hari WIB.

Odion Ighalo mengawali pesta gol Manchester United atas LASK di Raiffeisen Arena (Pasching), Jumat (13/3/2020) dini hari WIB.

Odion Ighalo membuka keunggulan tim tamu saat pertandingan memasuki menit ke-28. Umpan terukur Bruno Fernandes, diselesaikan dengan sempurna bomber anyar Setan Merah itu.

MU baru bisa menggandakan keunggulan pada menit 58. Kali ini melalui aksi memukau Daniel James yang membuat kiper LASK, Alexander Schlager tidak bisa mencegah bola masuk ke gawangnya. 2-0 untuk MU.

Penyelesaian cantik diperlihatkan Juan Mata pada menit 82 usai menerima umpan Fred, membawa United semakin menjauh 3-0.

United masih bisa menambah dua gol di masa injury. Masing-masing melalui gol Mason Greenwood dan Andreas Pereira. Manchester United pun menang 5-0.

Selengkapnya, berikut hasil pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa tadi malam:


(fat/pojoksatu)