Analisa Arsene Wenger: Chelsea Babak Belur karena Lampard Abaikan ‘Aturan Nomor Satu’

arsene wenger, bayern muenchen
Arsene Wenger.

POJOKSATU.id, LONDON – Kekalahan 0-3 Chelsea dari Bayern Munich di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/20 menjadi sorotan. Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger ikut memberikan analisanya.


Menurut Wenger, kekalahan The Blues disebabkan oleh strategi Frank Lampard yang mengabaikan aturan nomor satu dalam sepak bola. Yaitu memenangkan pertarungan di lini tengah.

Pada pertandingan di Stamford Bridge, Rabu (26/2/2020) dini hari WIB, Lampard memainkan tiga gelandang. Mateo Kovacic, Ross Barkley dan Jorginho.


Sementara Mason Mount dan Reece James bermain lebih ke depan di kedua sisi sayap penyerangan Chelsea.

Trio gelandang Chelsea terbukti tidak mampu mengimbangi barisan gelandang Bayern yang diperkuat Thiago, Joshua Kimmich dan Kingsley Coman. Bahkan Thomas Muller dan Serge Gnabry juga rajin membantu pertahanan.

Dan Wenger mengakui tim asuhan Frank Lampard dihukum karena mereka kehilangan kendali di lini tengah.

“Apa yang dia [Lampard] pelajari… tetapi dia sudah tahu, karena Anda tidak kehilangan lima pertandingan kandang jika tim Anda lebih unggul di tengah,” kata Wenger kepada beIN Sports.

“Tetapi pada level itu, jika memberikan penguasaan bola kepada lawan Anda akan dihukum pada tahap tertentu karena mereka membuat Anda berlari terlalu banyak.”

“Anda tidak dapat bertahan selama 90 menit. Di Liga Champions, jika Anda kehilangan lini tengah Anda dalam masalah, itu aturan nomor satu,” ujar juru taktik berkebangsaan Prancis itu.

“Karena kamu bermain melawan tim-tim bagus, jika mereka bisa menyuplai striker, pada tahap tertentu, akan jadi malapetaka. Dan kita semua sudah melalui itu tetapi ketika tim benar-benar unggul itulah yang terjadi,” pungkasnya.

Pada pertandingan dini hari tadi, Chelsea mampu menahan imbang Bayern di babak pertama tanpa gol. Tetapi memasuki paruh kedua, lini tengah The Blues memang mulai kedodoran.

Akibatnya, Serge Gnabry mampu mencetak dua gol setelah dua kali bekerja sama apik dengan Robert Lewandowski.

Sementara aksi brilian bek sayap Alphonso Davies memudahkan Lewandowski menutup pesta gol Hansi Flick di Stamford Bridge.

Leg kedua akan digelar pada 18 Maret mendatang dan Chelsea akan menjalan misi mustahil membalikkan keadaan di Allianz Arena.

(fat/pojoksatu)