Lihat Deretan Gelar Van Dijk Sepanjang 2019! Wajar Kalahkan Messi dan Ronaldo

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk dinominasikan untuk penghargaan pemain terbaik UEFA musim 2018/19. ft/sportbible
Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk dinominasikan untuk penghargaan pemain terbaik UEFA musim 2018/19. ft/sportbible

POJOKSATU.id, MONACO – Bek Liverpool, Virgil van Dijk mengalahkan Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Juventus) untuk meraih penghargaan pemain terbaik UEFA musim 2018/19. Penghargaan yang menambah daftar gelar bek asal Belanda itu sepanjang tahun 2019 ini.


Van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik UEFA 2018/19 dalam malam penghargaan UEFA dan undian Liga Champions 2019/20 di Grimaldi Forum, Monaco, Kamis (29/8/2019) malam WIB.

Virgil van Dijk borong gelar Pemain Terbaik dan Bek Terbaik UEFA 2018/19. ft/twitter @ChampionsLeague
Virgil van Dijk borong gelar Pemain Terbaik dan Bek Terbaik UEFA 2018/19. ft/twitter @ChampionsLeague

Terpilihnya Van Dijk sebagai pemain terbaik pria cukup mengejutkan karena bek asal Belanda itu bersaing dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.


BACAJUGA: Jadi Pemain Terbaik UEFA 2018/19, Virgil Van Dijk Borong Gelar, Ronaldo Hampa

Hebatnya lagi, Van Dijk juga mendapat pernghargaan bek terbaik UEFA 2018/19 menyingkirkan dua kandidat lainnya, Trent Alexander-Arnold (Liverpool) dan Matthijs de Ligt (Juventus) yang musim lalu berseragam Ajax.

Gelar pemain terbaik UEFA ini membuat Van Dijk langsung mencatat dua rekor mengagumkan.

Pertama, Virgil van Dijk menjadi bek pertama yang memenangkan penghargaan ini. Kedua, ia juga menjadi pemain Premier League pertama yang menjadi pemain terbaik UEFA.

Van Dijk memang tampil luar biasa sepanjang musim lalu. Pemain 28 tahun itu mencatat 59 penampilan bersama klub dan negaranya. Ia juga mencatat jam bermain paling banyak dibanding pemain manapun musim lalu.

BACAJUGA: Hasil Drawing Liga Champions 2019/20: PSG dan Madrid di Grup A, Barca Masuk Grup Neraka

Bersama Liverpool, menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di final. Di pentas Premier League, The Reds finis kedua di bawah Manchester City.

Selain memenangkan Liga Champions, Van Dijk juga terpilih sebagai pemain terbaik Premier League, memenangkan Piala Super UEFA, Pemain Terbaik pilihan fans Liverpool, Pemain Terbaik Liverpool dan masuk skuat terbaik Premier League dan Liga Champions musim 2018/19.

Sekadar diketahui, penentuan pemenang pemain terbaik UEFA ini dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari 80 pelatih klub yang berpartisipasi dalam babak grup Liga Champions dan Liga Europa 2018/19.

Selain itu, 55 jurnalis yang dipilih oleh kelompok Media Olahraga Eropa (ESM), satu dari masing-masing anggota UEFA juga masuk dalam tim dewan juri.

Anggota juri memilih tiga pemain. Pilihan pertama mendapat 5 poin, 3 poin pilihan kedua dan 1 poin untuk yang ketiga. Pelatih tidak boleh memilih pemain dari tim mereka sendiri.

(fat/pojoksatu)