Jadi Pemain Terbaik UEFA 2018/19, Virgil Van Dijk Borong Gelar, Ronaldo Hampa

Bek Liverpool, Virgil van Dijk mengangkat trofi Liga Champions musim 2018/19. pemain terbaik uefa
Bek Liverpool, Virgil van Dijk saat mengangkat trofi Liga Champions musim 2018/19.

POJOKSATU.id, MONACO – Undian fase grup Liga Champions 2019/20, di Grimaldi Forum, Monaco, Kamis (29/8/2019) malam WIB,  juga diselingi dengan pemberian penghargaan bagi mereka yang terbaik sepanjang musim 2018/2019.


Dan pemenang pemain terbaik UEFA tahun ini jadi milik bek Liverpool, Virgil van Dijk.

BACA JUGA: Hasil Drawing Liga Champions 2019/20: PSG dan Madrid di Grup A, Barca Masuk Grup Neraka

Terpilihnya Van Dijk sebagai pemain terbaik pria cukup mengejutkan karena bek asal Belanda itu bersaing dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.


Hebatnya lagi, Van Dijk juga mendapat pernghargaan bek terbaik UEFA 2018/19 menyingkirkan dua kandidat lainnya, Trent Alexander-Arnold (Liverpool) dan Matthijs de Ligt (Juventus) yang musim lalu berseragam Ajax.

Van Dijk memang tampil luar biasa sepanjang musim lalu. Bersama Liverpool, menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di final. Di pentas Premier League, The Reds finis kedua di bawah Manchester City.

BACA JUGA: Neymar Kembali, Begini Formasi Mengerikan Barcelona Musim Ini

Adapun untuk kategori kiper terbaik juga jadi milik pemain Liverpool, Alisson Becker. Gelandang Ajax musim lalu, Frenkie De Jong yang musim ini pindah ke Barcelona terpilih sebagai gelandang terbaik.

Sementara superstar Barcelona, Lionel Messi dinobatkan sebagai penyerang terbaik mengalahkan dua kandidat lainnya, Sadio Mane (Liverpool) dan Ronaldo (Juventus).

Ronaldo memang sepertinya bernasib sial pada malam ini. Meski masuk nominasi di dua kategori (penyerang terbaik dan pemain pria terbaik), namun tak satu pun gelar yang jatuh ke tangannya.

Sekadar diketahui, penentuan pemenang pemain terbaik UEFA ini dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari 80 pelatih klub yang berpartisipasi dalam babak grup Liga Champions dan Liga Europa 2018/19.

Virgil van Dijk borong gelar Pemain Terbaik dan Bek Terbaik UEFA 2018/19. ft/twitter @ChampionsLeague
Virgil van Dijk borong gelar Pemain Terbaik dan Bek Terbaik UEFA 2018/19. ft/twitter @ChampionsLeague

Selain itu, 55 jurnalis yang dipilih oleh kelompok Media Olahraga Eropa (ESM), satu dari masing-masing anggota UEFA juga masuk dalam tim dewan juri.

Anggota juri memilih tiga pemain. Pilihan pertama mendapat 5 poin, 3 poin pilihan kedua dan 1 poin untuk yang ketiga. Pelatih tidak boleh memilih pemain dari tim mereka sendiri.

Berikut daftar pemenang penghargaan UEFA 2018/19:

Kiper Terbaik, Alisson. Nominasinya : Alisson Becker, Hugo Lloris, Marc-André ter Stegen

Bek Terbaik, Van Dijk. Nominasinya: Trent Alexander-Arnold, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk