Hasil Voting Bocor, Lionel Messi Pemain Terbaik UEFA 2018/19?

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk dinominasikan untuk penghargaan pemain terbaik UEFA musim 2018/19. ft/sportbible
Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Virgil van Dijk dinominasikan untuk penghargaan pemain terbaik UEFA musim 2018/19. ft/sportbible

POJOKSATU.id, MONACO – Federasi sepak bola Eropa baru akan mengumumkan pemain terbaik UEFA 2018/19 pada 29 Agustus mendatang. Namun hasil voting penghargaan individu ini sudah bocor ke media sosial.


Dari bocoran itu, diketahui superstar Barcelona, Lionel Messi berada di posisi teratas setelah mendapat poin voting tertinggi.

Setelah tidak masuk dalam kandidat peraih Ballon d’Or tahun lalu, Lionel Messi tampaknya akan menambah koleksi penghargaan individunya tahun ini.

Hal itu mengacu pada bocoran yang muncul di situs agregator berita sosial Reddit, Messi meraih poin tertinggi di atas pemain Liverpool, Virgil van Dijk yang berada di posisi kedua.


Saingan utama Messi dalam penghargaan individu, Cristiano Ronaldo, berada di posisi ketiga, dan duo Liverpool lainnya, Alisson Becker dan Sadio Mane berada di posisi lima besar.

Screenshot bocoran hasil voting dari Reddit / reggiedp16
Screenshot bocoran hasil voting dari Reddit / reggiedp16

UEFA sebelumnya mengumumkan bahwa Messi, Van Dijk dan Ronaldo adalah tiga finalis dalam kategori ini.

Kriteria yang digunakan oleh UEFA untuk menentukan pemenang didasarkan pada penampilan para pemain untuk klub dan negara sepanjang musim 2018/19 di semua kompetisi.

Daftar kandidat peraih penghargaan disusun oleh juri yang terdiri dari 80 pelatih dari tim-tim yang berlaga di Liga Champions musim lalu dan Liga Eropa, serta 55 jurnalis.

Para juri diminta untuk memilih tiga pemain, dengan pilihan pertama mendapatkan lima poin, kedua mendapatkan tiga, dan ketiga dialokasikan satu poin.

Namun, setelah hasil voting bocor, sepertinya pemenang penghargaan 2019 sudah diketahui sebelum waktunya diumumkan.

Messi finis di tempat kelima tahun lalu, mencerminkan posisinya di final Ballon d’Or, sementara Ronaldo berada di posisi kedua di belakang pemenang, Luka Modric. Virgil van Dijk tidak masuk 10 besar.

Pemenang tahun ini akan diumumkan secara resmi pada undian babak grup Liga Champions di Monaco pada 29 Agustus. UEFA juga akan mengumumkan Pemain Terbaik Wanita Tahun Ini dan pemenang penghargaan semua posisi Liga Champions UEFA – di mana Messi, Van Dijk dan Ronaldo semuanya masuk kandidat.

(fat/pojoksatu)