Sejarah Baru, Esports Akan Dipertandingkan di PON Papua

Sekjen KONI Ade Lukman (kanan) beserta Sekjen PBESI Frengky Ong (kiri) saat konferensi pers di di kantor Pengurus Besar Esport Indonesia di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (18/8) WIB. Ft/Jpnn.com
Sekjen KONI Ade Lukman (kanan) beserta Sekjen PBESI Frengky Ong (kiri) saat konferensi pers di kantor Pengurus Besar Esport Indonesia di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (18/8) WIB. Ft/Jpnn.com

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan mehadirkan sejarah baru. Pasalnya ini kali pertama olahraga Esports akan dipertandingkan di PON. Namun statusnya sebagai salah satu cabang olahraga eksibisi.


Untuk menyambut sejarah baru ini, panitia penyelenggara yang diwakili Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menyatakan kesiapannya dengan menyediakan jaringan internet untuk PON 2021.

BACA JUGA: Hasil Drawing Piala Thomas dan Uber Cup 2020, Indonesia Jumpa Penakluk Minions dan Daddies

Dalam konferensi persnya di kantor Pengurus Besar Esports Indonesia di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (18/8) WIB, Sekjen PBESI Frengky Ong mengaku telah mempersiapkan banyak hal guna menjamin terselenggaranya ajang eksibisi dengan baik.


“Kami sudah berkoordinasi mengenai infrastruktur di sana, ini kami lakukan agar penyelenggaraan PON dapat berjalan dengan sukses,” kata Frengky, dikutip dari Jpnn.com (Jaringan Pojoksatu.id).

Frengky menambahkan, bahwa saat ini dirinya juga menerima beberapa tawaran dari pihak yang ingin membantu menyediakan jaringan internet yang baik selama penyelenggaraan turnamen.

“Kami juga menerima beberapa tawaran yang ingin membantu penyelenggaraan ini. Kami banyak terbantu juga dari Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo yang telah mengakomodir untuk kesuksesan acara ini,” tambah Frengky.

Eksibisi Esports pada PON 2021 akan mempertandingkan tiga game populer di Indonesia, yakni battle royale (Free Fire), MOBA yang diwakili oleh (Mobile Legend) dan sepak bola (eFootball PES).

“Esports akan mengikuti eksibisi PON XX di Papua. Pada eksibisi tersebut akan dipertandingkan tiga nomor pertandingan dengan genre gim battle royale, MOBA, dan sepak bola,” ujar Frengky.

Ketua Pelaksana eksibisi PON Papua 2021 cabor Esports, Gloria Famiela, menambahkan, pihaknya tengah mengupayakan gim buatan anak bangsa, yakni Lokapala untuk dipertandingkan dalam gelaran kali ini.

“Hari ini sudah dibuka pendaftaran untuk tiga gim, yaitu Free Fire, E-football PES dan Mobile Legends. Sedangkan untuk Lokapala masih dalam pembahasan teknis dari pihak developer,” ungkap Gloria.(jpnn/fat/pojoksatu)