Siapa Lawan Indonesia di Final SEA Games 2019? Indra Sjafri: Vietnam Mau Main, Banyak Berdoa!

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri.
Indra Sjafri. ft/pssi

POJOKSATU.id, MANILA – Timnas Indonesia U-23 baru saja menyegel tiket final sepak bola putra SEA Games 2019. Garuda Muda melenggang ke partai puncak setelah menang 4-2 lawan Myanmar U-23, lewat pertandingan hingga babak ekstra time.


Pada pertandingan semifinal lawan Myanmar U-23, di Rizal Memoriam Stadium, Manila, Sabtu (7/12/2019) sore, Indonesia unggul dua gol lebih dulu melalui Evan Dimas pada menit 57 dan aksi Egy Maulana Vikri menit ke-70.

Sayangnya, setelah unggul dua gol, pertahanan Indonesia lengah. Tim asuhan Indra Sjafri itu kebobolan dua gol hanya dalam dua menit. Masing-masing lewat bomber andalan Myanmar, Aung Kaung Mann pada menit 79 dan kreasi Win Naing Tun, semenit kemudian.

Kedudukan sama kuat 2-2 ini bertahan hingga babak kedua berakhir. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak ekstra time untuk menentukan pemenang.


Evan Dimas dkk yang terus menggempur pertahanan Myanmar akhirnya bisa kembali memimpin pada menit 101, lewat sontekan Osvaldo Haay.

Pada babak ekstra time kedua, tepatnya menit ke-117, Evan Dimas mencetak gol keduanya sekaligus membawa Indonesia unggul 4-2. Skor ini bertahan hingga laga usai dan Garuda Muda terbang ke final.

Selanjutnya, di partai puncak, Indonesia akan menghadapi pemenang Vietnam kontra Kamboja yang baru akan bertanding malam ini pukul 19.00 WIB.

Usai pertandingan, pelatih Timnas Indonesia U-23, berkomentar soal siapa yang diharapkan jadi lawan anak asuhnya di final.

“Ini kan Vietnam baru mau main (vs Kamboja). Banyak-banyak berdoa saja,” ujar Indra yang disambut tawa para awak media.

Tidak dijelaskan Indra, doa yang dimaksud apakah berharap Vietnam atau Kamboja jadi lawan di final. Yang jelas Indra mengaku anak asuhnya siap menghadapi tim manapun demi meraih medali emas yang terakhir kali direngkuh tim Merah-Putih pada SEA Games 1991 Manila.

(fat/pojoksatu)