Kualifikasi Piala Dunia 2022 : Timnas Jamu Vietnam di Bali

Timnas Indonesia harus takluk 2-3 dari Malaysia pada laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Kamis (5/9/2019) malam WIB. ft/pssi
Timnas Indonesia saat kalah 2-3 dari Malaysia pada laga perdana Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Kamis (5/9/2019) malam WIB. ft/pssi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Timnas Indonesia dijadwalkan kembali melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 15 Oktober mendatang. Kali ini lawannya, Vietnam.


Berbeda pada laga lawan Malaysia (5/9) dan Thailand (10/9), digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, laga melawan Vietnam akan dilangsungkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Deputi Sekjen Pengembangan Bisnis PSSI Marsal Masita membenarkan hal tersebut. Dijelaskan, pemindahan venue itu mempertimbangkan faktor keamanan.


Kepolisian sementara tidak memberikan izin untuk menggelar pertandingan internasional di Jakarta. “Karena tanggal 15 Oktober itu masih periode pelantikan presiden. Jadi, kami tidak mendapatkan izin,” ucapnya.

“Kami tidak mau memaksakan. Solusinya, kami cari tempat lain yang memungkinkan. Tapi, tidak asal pilih,” sambungnya.

Adapun alasan pemilihan Stadion I Wayan Dipta sudah sesuai dengan standar pertandingan internasional. Apalagi, kandang Bali United tersebut telah diverifikasi AFC.

“Seluruh infrastrukturnya sudah memenuhi standar. Jadi, kami pilih karena memang sudah diverifikasi,” jelasnya. Di samping itu, Bali dianggap sebagai wilayah yang aman.

Karena banyaknya demo dan kerusuhan akhir-akhir ini, izin pertandingan sepak bola, baik berskala lokal maupun internasional, sulit dikantongi jika bermain di sekitar Jakarta.

“Izin keamanan sulit kami dapatkan dalam periode pelantikan ini. Polisi sedang sibuk mengamankan. Jadi, kami harus cari tempat yang sangat aman,” katanya.

Senada, Sekjen PSSI Ratu Tisha menyampaikan, AFC sudah menyetujui permohonan PSSI untuk menggelar pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta untuk melawan Vietnam pada 15 Oktober mendatang.

“Sesudah ada masalah keamanan dan tidak mendapatkan izin, kami langsung bersurat kepada AFC. Alhamdulillah, mereka menyetujui setelah mengirimkan delegasi untuk melakukan verifikasi di Stadion Kapten I Wayan Dipta,” paparnya.

Nah, laga melawan Vietnam di Stadion Kapten I Wayan Dipta tersebut memberikan catatan sejarah tersendiri bagi Pulau Dewata. Yakni, ini kali pertama timnas menggelar FIFA matchday di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

(jpc/pojoksatu)