Prediksi Indonesia U-18 vs Malaysia U-18: Menanti Kado Terindah Garuda Nusantara

Timnas Indonesia U-18. ft/aseanfootball.org, jadwal semifinal piala aff u-18, jadwal bola hari ini, indonesia u-18 vs malaysia u-18
Timnas Indonesia U-18. ft/aseanfootball.org

POJOKSATU.id, BINH DUONG – Timnas Indonesia U-18 akan menghadapi Malaysia U-18 di babak semifinal Piala AFF U-18 2019 pada Sabtu (17/8/2019) sore atau bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Makanya, pasukan Garuda Nusantara termotivasi memenangkan laga ini sekaligus mempersembahkan kado terindah untuk Bangsa Indonesia.


Pertandingan di Go Dau Stadium, Binh Duong, Vietnam, mulai pukul 15.30 WIB sore ini, tentu tidak akan mudah bagi anak asuh Fakhri Husaini.

Pasalnya, Malaysia U-18 juga tampil cukup apik sepanjang Piala AFF U-18 sejauh ini. Meski hanya berstatus juara Grup B, namun pasukan muda Negeri Jiran ini tetap patut diwaspadai.

Bukan tanpa alasan, meski kalah di laga pamungkas penyisihan grup lawan Thailand, namun mereka mampu menghempaskan Australia dengan skor mencolok, 3-0 pada matchday 4. Australia sendiri lolos sebagai juara Grup B dan menghadapi Myanmar di semifinal.


Tapi Garuda Nusantara tampil gemilang di penyisihan grup dan layak diunggulkan memenangkan pertandingan ini. Mereka tak terkalahkan dalam lima laga dan menjadi tim paling produktif dengan mencetak 20 gol dan hanya kebobolan 4 kali.

Bandingkan dengan Malaysia U-18 yang hanya mencetak 9 gol (kebobolan 3 kali) di penyisihan grup. Jumlah gol paling sedikit di antara empat semifinalis.

Terlepas dari statistik di atas, Garuda Nusantara memang sangat berambisi memenangkan laga sore nanti untuk lolos ke final sekaligus mempersembahkan kado terindah bagi Bangsa Indonesia.

“Kami punya motivasi besar di laga nanti. Kemenangan harus kami raih untuk memberikan kado ulang tahun Kemerdekaan RI. Saya akan mati-matian menjaga gawang Indonesia,” kata kiper Indonesia U-18, Ernando Ari.

Tapi pelatih Indonesia U-18, Fakhri Husaini meminta anak asuhnya tidak overconfidence dan tetap bisa mengontrol diri sepanjang laga.

Bermain dengan antusiasme yang terlalu besar juga tidak bagus karena bisa berdampak pada emosi dan pola permainan. Terlebih, Malaysia tahun lalu mengalahkan Indonesia di semifinal Piala AFF U-18 2018 generasi Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan.

“Boleh saja punya semangat namun para pemain harus tetap bisa mengontrol itu semua. Pastinya saya akan selalu ingatkan pada para pemain agar tetap bisa mengelola emosi dan semangat mereka. Jangan sampai semangat yang terlalu berlebihan membuat mereka gagal menjaga emosi,” kata Fakhri.

Striker Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18 2019, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri. ft/aseanfootball.org
Striker Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18 2019, Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri. ft/aseanfootball.org

Pada pertandingan lawan Malaysia, Fakhri kemungkinan belum bisa memainkan Supriadi. Tapi Bagus Kahfi bisa dimainkan sebagai penyerang sayap untuk membantu striker utama, Sutan Zico.

Sementara dari kubu Malaysia, kekalahan dar Thailand pada laga pamungkas Grup B akan jadi pelajaran berharga jelang bentrok dengan Indonesia.

Juru taktik, Brad Maloney menjadikan kekalahan tersebut sebagai bahan evaluasi agar bermain lebih disiplin, apalagi melawan tim paling produktif di Piala AFF U-18 ini.

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia U-18 (4-3-3)
Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Salman Alfarid; Brylian Aldama, David Maulana, Beckham Putra Nugraha; Fajar Faturrahman, Bagus Kahfi, Sutan Zico

Malaysia (4-3-3)
Firdaus Iman Fadhil; Ahmad Khalili, Muhammad Azrin Afiq, Harith Haiqal, Muhammad Azam Azmi; Muhammad Umar Hakeem, Muhammad Firdaus Kaironnisam, Muhammad Ajmal Mahadi; Mohd Nasip Zain,Muslihuddin Atiq, Luqman Hakim Shamsudin

(fat/pojoksatu)