Terlibat Pengaturan Skor, Eks Pemain dan Pelatih Nigeria Disanksi Seumur Hidup

Mantan pemain dan pelatih Timnas Nigeria, Samson Siasia.
Mantan pemain dan pelatih Timnas Nigeria, Samson Siasia.

POJOKSATU.id, ZURICH – Federasi sepak bola dunia, FIFA baru saja menjatuhkan hukuman berat kepada Samson Siasia. Mentan pemain dan pelatih Timnas Nigeria itu dianggap terlibat pengaturan skor, sehingga dilarang terlibat di sepakbola seumur hidupnya.


Selain larangan seumur hidup, Siasia juga harus membayar denda 50 ribu USD atau sekitar Rp700 juta lebih karena menyetujui ‘manipulasi pertandingan’.

Dikutip dari BBC, Siasia adalah pelatih Nigeria antara 2010-2011 dan pada tahun 2016. Tetapi dalam rilis FIFA, tidak dijelaskan secara rinci pada periode mana ia melakukan pelanggaran tersebut.

Apalagi Samson Siasia juga menjabat sebagai pelatih tim U-20 dan U-23 Nigeria.


Dalam sebuah pernyataan, Siasia dinyatakan bersalah karena menerima suap sehubungan dengan pengaturan hasil pertandingan.

Sanksi tersebut dijatuhkan setelah investigasi skala besar yang sedang dilakukan FIFA terkait pengaturan skor dengan aktor utama, Wilson Raj Perumal, terpidana kasus ini dari Singapura.

Siasai menjadi orang Afrika ketiga yang disanksi FIFA karena terlibat dengan Perumal. Sebelumnya, mantan pejabat ‘PSSI’ Sierra Leone, Abu Bakarr Kabba dan mantan pejabat ‘PSSI’ Botswana, Mooketsi Kgotlele dihukum pada bulan Juli lalu selama lima tahun dan seumur hidup.

Mantan pemain Timnas Nigeria, Siasia memenangkan Piala Afrika 1994. Sepanjang karirnya, ia bermain lebih dari 50 kali untuk Nigeria dan mencetak 16 gol.

(fat/pojoksatu)