5 Poin Kritik Pedas Lionel Messi Usai Dikartu Merah Saat Lawan Chile

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, kritik messi
Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi.

POJOKSATU.id, SAO PAULO – Kemarahan Lionel Messi memuncak. Usai dikartu merah pada laga perebutan tempat ketiga lawan Chile di Sao Paulo, Minggu (7/7/2019) dini hari WIB, superstar Argentina itu kembali melontarkan sejumlah kritik pedas.


Kritik itu tentu saja dirujukan kepada wasit dan penyelenggaraan Copa America 2019 secara keseluruhan.

Messi mendapat kartu merah pada menit 37 setelah ia dan Gary Medel (bek Chile) beradu dada sebanyak tiga kali.

Wasit asal Paraguay, Mauro Diaz de Vivar langsung memberikan kartu merah kepada Medel dan Messi atas insiden tersebut.


Ini merupakan kartu merah kedua Messi sepanjang karirnya di Timnas Argentina senior, setelah sanksi serupa didapatnya kala debut bersama tim senior melawan Hongaria pada 2005.

Setelah pertandingan, Messi, yang menolak ikut pengalungan medali perunggu bersama rekan satu timnya, berbicara kepada wartawan dan kembali melontarkan kritik tajam kepada pengadil, federasi sepakbola Amerika Latin (Conmebol) serta penyelenggaraan Copa America 2019.

Bintang Barcelona itu mengklaim kartu merah dari Diaz itu bukan semata karena insidennya dengan Medel. Menurutnya, itu adalah imbas dari kritik kerasnya terhadap penyelenggaraan Copa America, setelah Argentina disingkirkan Brasil di semifinal.

Sebelumnya, Messi melontarkan kritik karena wasit tidak memberikan dua penalti kepada Argentina pada laga kontra Brasil.Dan La Pulga mengklaim insiden dengan Medel seharusnya hanya kartu kuning.

“Itu adalah permainan yang sering terjadi. [Medel] selalu bermain sampai batas. Saya pikir wasit bereaksi berlebihan. Dengan kartu kuning untuk kami berdua, itu sudah cukup,” katanya.

“Saya merasa sangat marah karena saya pikir saya tidak pantas mendapatkan kartu merah itu karena saya pikir kami memainkan permainan yang sangat bagus. Kami unggul, tetapi, seperti yang saya katakan baru-baru ini, sayangnya ada banyak korupsi wasit,” kritik Messi usai laga kontra Chile, dikutip Pojoksatu.id dari ESPN.

Dan pernyataan paling keras dan bisa bikin petinggi Conmebol marah besar adalah Messi menyindir organisasi itu sarat dengan kongkalikong alias korupsi.

“Saya tidak mau menjadi bagian dari organisasi yang korup,” kritik superstar Barcelona itu.

Sebelumnya, ia juga menyebut Copa America 2019 sudah diatur untuk dimenangkan tuan rumah, Brasil.

Berikut 5 poin kritikan Messi usai dirinya dikartu merah pada laga kontra Chile:

1. Insiden dengan Medel harusnya cukup dengan kartu kuning

2. Kartu merah itu karena apa yang saya katakan (kritik) sebelumnya (usai laga kontra Brasil)

3. Kami (Timnas Argentina) tidak mau menjadi bagian dari organisasi (Conmebol) yang korup

4. Kami tidak dihargai selama turnamen Copa America 2019

5. Turnamen ini sudah diatur untuk dimenangkan Brasil

(fat/pojoksatu)