Tumbangkan Lionel Messi Cs, Brasil Melenggang ke Final Copa America 2019

Roberto Firmino mencetak gol kedua Brasil pada laga kontra Argentina pada semifinal Copa America 2019 di Stadion Mineirão (Belo Horizonte), Rabu (3/7/2019).
Roberto Firmino mencetak gol kedua Brasil pada laga kontra Argentina pada semifinal Copa America 2019 di Stadion Mineirão (Belo Horizonte), Rabu (3/7/2019).

POJOKSATU.id, BELO HORIZONTE – Timnas Brasil melaju ke babak final Copa America 2019 usai menyingkirkan rival abadi, Argentina di semifinal. Bertanding di Stadion Mineirão (Belo Horizonte), Rabu (3/7/2019) pagi itu, Selecao menang dua gol tanpa balas.


Pertandingan dua kekuatan terbesar Amerika Latin ini berlangsung seru nan menarik. Sama-sama berambisi lolos ke final, kedua tim bermain menyerang.

Kedua tim yang diperkuat pemain kelas dunia juga beberapa kali memamerkan aksi individu yang mengundang decak kagum penonton. Tapi rivalitas sengit dua negara ini juga memicu laga berlangsung agak keras bahkan kasar.


Bahkan wasit Roddy Zambrano asal Ekuador yang memimpin laga ini harus memberikan kartu kuning kepada Dani Alves dan Marcos Acuna setelah keduanya terlibat adu mulut.

Brasil kemudian bisa unggul pada menit 19. Berawal dari aksi individu Dani Alves yang melewati dua pemain lawan sebelum memberikan umpan terobosan ke Roberto Firmino di sisi sayap kanan.

Firmino lalu mengirim umpan silang mendatar ke mulut gawang yang dengan mudah dituntaskan menjadi gol oleh Gabriel Jesus. 1-0 Brasil unggul.

Tertinggal satu gol membuat para pemain Argentina lebih agresif menyerang pertahanan Brasil.

Pada menti 30, lewat sebuah umpan tendangan bebas Lionel Messi ke mulut gawang, Sergio Aguero berhasil menyundul bola dan gagal dijangkau Alisson Becker. Sayang bola hanya mengenai mistar gawang, lalu Thiago Silva mengahalau bola untuk mengamankan situasi.

Hingga wasit meniup pluit tanda berakhirnya babak pertama, tidak ada lagi gol tercipta. Brasil masih unggul 1-0.

Di babak kedua, pelatih Brasil, Tete memainkan Willian menggantikan Everton. Sementara Lionel Scaloni belum melakukan perubahan di kubu Tim Tango.

Tapi permainan Argentina di paruh kedua lebih impresif. Mereka menggempur pertahanan Brasil dari berbagai sisi.

Lionel Messi juga terlihat bermain agresif dibanding penampilannya di laga-laga sebelumnya. Beberapa kali ia memberikan umpan yang merepotkan pertahanan Brasil.

Dewi Fortuna memang masih jauh dari kubu Albiceleste pada laga ini. Di pertengahan babak kedua, sepakan keras Messi kembali digagalkan tiang gawang.

Ketika Argentina sibuk mencari gol penyama skor, Brasil malah mampu menambah keunggulannya pada menit 71. Kembali lewat kerjasama Firmino dan Jesus yang menghancurkan pertahanan Argentina.

Akselerasi Jesus dari sisi kiri merangsek masuk ke kotan penalti sebelum mengurum umpan manja di ke mulut gawang. Firmino yang berdiri bebas dengan mudah menceploskan si kulit bundar. Brasil menjauh 2-0.

Di sisa waktu yang ada, Argentina tak mampu mengejar ketinggalan dan skor tidak lagi berubah. Angel di Maria dan Paulo Dybala yang masuk di paruh kedua ini juga tak bisa membantu negaranya.

Brasil pun melaju ke partai puncak untuk menunggu pemenang Chile kontra Peru yang baru bertanding besok.

Susunan pemain Brasil vs Argentina:

Brazil XI: Alisson; Dani Alves, Thiago Silva, Marquinhos, Alex Sandro; Arthur, Casemiro; Everton, Firmino, Coutinho; Jesus.

Argentina XI: Armani; Foyth, Pezzella, Otamendi, Tagliafico; Paredes, De Paul, Acuña; Messi; Martínez, Agüero.

(fat/pojoksatu)