Jurgen Klopp: Ayolah, Saya Belum Memenangkan Apapun untuk Liverpool!

jurgen klopp, liverpool, liga primer inggris
Jurgen Klopp - Manajer Liverpool (espnfc.com)

POJOKSATU.id, LIVERPOOL – Liverpool tampil mengesankan di musim ini dengan menyegel puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris 2018/19.


Skuat besutan Jurgen Klopp kini mengemas 54 poin atau unggul selisih sembilan angka dari Tottenham Hotspur yang berada di bawahnya.

The Reds bahkan baru saja menang gemilang atas Arsenal dengan skor telak 5-1 di pekan 20 di Anfield, dini hari (WIB) tadi.

Tak ayal, Klopp langsung banjir pujian dan dipandang berjasa besar dalam membesut Liverpool yang kini menjelma menjadi salah satu tim terbaik di pentas Eropa dalam dua musim terakhir.


Namun begitu, Klopp ogah tinggi hati. Ditegaskannya, apapun hasil di lapangan (kemenangan demi kemenangan), fakta bahwa dirinya belum mempersembahkan trofi apapun buat Liverpool tak terbantahkan.

“Saya belum memenangkan apa pun. Jadi itu bagian dari kebenaran,” kata Klopp kepada Sky Sport seperti dikutip dari Goal.

Klopp memang belum mengangkat gelar di Anfield, setelah kalah di final Liga Eropa, Liga Primer Inggris dan Liga Champions selama mantranya.

Oleh karena itu, saat ditanya soal rencana jangka panjangnya bersama The Reds jika kontraknya di 2022 habis, Klopp ogah terlalu ‘futuristik’. “Kita tidak harus memikirkan tahun 2022, itu masih jauh,” katanya.

“Di musim panas, akan ada orang yang mengatakan ini adalah waktu terbaik bagi saya untuk pergi jika kami memenangkan sesuatu karena kami tidak akan pernah memenangkan apapun lagi, dan juga akan ada orang lain yang mengatakan saya harus pergi jika kami tidak memenangkan apa pun,” tuturnya.

Oleh karena itu, Klopp tak ingin merisaukan persoalan-persoalan tersebut. “Selama kita semua menikmati perjalanan di sini, dan maksud saya semua,  dari pemilik, para pemain hingga para pendukung, kepada semua orang di sekitar klub, kita dapat mencobanya dan mencobanya,” paparnya.

“Namun, jika salah satu dari kelompok itu tidak tidak bahagia lagi, maka kita seharusnya tidak meregangkannya dan berkata ‘ayolah, coba lakukan itu’,” tandasnya.

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu menandatangani kontrak berdurasi enam musim sejak 2016 bersama Liverpool

Klopp pun berpeluang mempersembahkan trofi pertamanya untuk Liverpool musim ini jika mampu menjaga konsistensi di sisa musim ini.

Klopp sukses menutup tahun ini dengan kemenangan gemilang atas Arsenal 5-1 dan makin kokoh di puncak klasemen sementara.

(qur/pojoksatu)