Gasak Boca Juniors, River Plate Juara Copa Libertadores 2018

River Plate juara Copa Libertadores 2018 usai mengandaskan Boca Juniors lewat perpanjangan waktu dengan skor 3-1 (@SARCP/twitter)
River Plate juara Copa Libertadores 2018 usai mengandaskan Boca Juniors lewat perpanjangan waktu dengan skor 3-1 (@SARCP/twitter)

POJOKSATU.id, MADRID – River Plate tampil impresif di leg kedua final Copa Libertadores 2018 dengan membungkam seteru abadi mereka, Boca Junior dengan skor meyakinkan 3-1 di Estadio Santiago Bernabeu, Senin (10/12/2018) dini hari WIB.


Trigol River Plate masing-masing disarangkan Pratto di menit 68, dan di babak perpanjangan waktu menit 109 dan menit 120+2 oleh Quintero dan Martínez.

Sementara Boca Junior yang sempat unggul di babak pertama lewat gol Benedetto di menit 44 gagal memertahankan keunggulannya.


Hasil ini memastikan River keluar sebagai pemenang Superclasico sekaligus kampiun Copa Libertadores 2018 yang penuh drama lantaran sempat tertunda akibat kerusuhan hingga berpindah venue lewat keunggulan agregat 5-3.

Dihelat di markas Real Madrid, Santiago Bernabeu, duel dipadati penonton yang habiskan tiket laga sebanyak 80 ribu kursi.

River Plate yang jadi tuan rumah sejatinya kurang diuntungkan dengan situasi ini, karena mereka bertindak sebagai tuan rumah, kendati dukungan suporter imbang.

River Plate tertinggal terlebih dahulu di babak pertama tepatnya di menit ke-44 setelah Dario Benedetto mengoyak jala Armani,

Tertinggal satu gol, River bangkit di babak kedua. Mereka akhirnya sukses samakan kedudukan 1-1 lewat aksi Lucas Pratto di menit 68, memaksimalkan umpan silang mendatar Ignacio Fernandez.

Kedudukan 1-1 lantas bertahan hingga 90 menit usai, sehingga final pun harus dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Keunggulan stamina River terlihat jelas pada babak ini. Mereka semakin diuntungkan lantaran Boca terpaksa bermain dengan sepuluh orang sejak menit kedua babak perpanjangan waktu, akibat kartu kuning kedua yang diterima Wilmar Barrios.

Tidak heran bila kemudian pada babak kedua perpanjangan waktu, tepatnya di menit 109, River sukses berbalik unggul berkat sontekan luar kotak penalti Juan Quintero! Dia cerdas memaksimalkan sodoran Camilo Mayada.

River makin tegaskan keunggulannya jadi 3-1 pada menit kedua masa injury time babak perpanjangan waktu lewat Gonzalo Martinez.

Akhirnya, River menang lewat agregat 5-3, setelah bermain imbang 2-2 pada leg pertama di markas Boca. Gelar ini jadi koleksi keempat mereka sepanjang sejarah Copa Libertadores.

(qur/pojoksatu)