Inilah Hasil Drawing Kualifikasi Euro 2020

Prosesi pengundian babak kualifikasi Euro 2020 yang digelar di Dublin, Irlandia (jawapos.com)
Prosesi pengundian babak kualifikasi Euro 2020 yang digelar di Dublin, Irlandia (jawapos.com)

POJOKSATU.id, DUBLIN – Federasi sepak bola Eropa atau UEFA baru saja menggelar drawing atau pengundian babak kualifikasi Euro 2020. Kick-off – nya sendiri baru akan digelar pada Maret hingga November tahun depan atau 2019.


Hasil drawing yang dilakukan di Dublin, Irlandia itu sendiri menghasilkan 10 grup dengan jumlah peserta yang berbeda. Grup A-E diisi 5 tim, sementara Grup F-J masing-masing dihuni 6 tim.

Nantinya, ada 2 tim dari tiap grup yang berhak lolos langsung ke putaran final Euro 2020, yang tidak lagi menggunakan format home tournament seperti edisi-edisi sebelumnya. Namun, itu baru memenuhi 20 dari kuota 24 tim yang berhak tampil di putaran final.

Untuk empat tim lainnya akan didapat dari hasil play-off dari peserta UEFA Nations League. Ada 16 tim juara di 4 grup dari League A, B, C, dan D yang akan bertarung memperebutkan jatah 4 tim tersisa.


Andai juara grup dari tiap League sudah lolos melalui kualifikasi, maka tim dengan peringkat terbaik berikutnya yang akan mengisi spot. Begitu pula andaikan League A hanya menyisakan 3 tim juara grup. Maka untuk melengkapinya akan diambil dari League B yang punya peringkat di bawah juara grup.

Sebanyak 16 tim wakil dari League A hingga D ini akan menjalani satu laga semifinal. Pemenang dari babak semifinal ini akan saling berhadapan untuk menjadi 4 tim yang menyusul 20 tim yang sudah lebih dulu memastikan lolos melalui kualifikasi.

Sementara dari hasil pengundian, sejumlah tim unggulan mengalami nasib yang berbeda. Paling ringan didapat Prancis yang bergabung bersama Islandia, Turki, Albania, Moldova, dan Andora di Grup H.

Sedangkan Jerman yang bukan lagi unggulan dalam drawing kali ini bakal bersaing ketat dengan Belanda di Grup C.

Sang juara bertahan Portugal juga termasuk dalam grup berat karena bergabung dengan Ukraina dan Serbia, Lithuania, dan Luksemburg di Grup B.

(jpc/qur/pojoksatu)