Begini Skenario Jika Indonesia Ingin Lolos ke Semifinal Piala AFF 2018

semifinal piala aff 2018, skenario lolos semifinal, piala aff, timnas indonesia
Laga Thailand vs Indonesia di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018) berakhir dengan skor 4-2. (@affsuzukicup)

POJOKSATU.ID, BANGKOK – Kekalahan Timnas Indonesia dari Thailand tidak hanya memperpanjang kutukan Stadion Rajamangala, tapi juga mebuat Tim Garuda di ujung tanduk. Terancam gagal ke semifinal Piala AFF 2018.


Setelah menelan dua kekalahan dari tiga laga, peluang Indonesia lolos ke semifinal memang sangat tipis. Selain harus menang atas Filipina pada laga pamungkas, juga harus berharap ‘bantuan’ dari Thailand.

Indonesia sudah dua kali menelan kekalahan di penyisihan Grup B Piala AFF 2018. Yaitu 0-1 lawan Singapura dan terbaru 2-4 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018). Peluang lolos ke semifinal pun nyaris tertutup.

BACA JUGA:


Analisis Indonesia Vs Thailand di Suzuki Cup Nanti Malam

Permainan Kacau Balau, Indonesia Dicukur Thailand

Dengan satu pertandingan sisa, kontra Filipina, kans menjadi wakil Grup B di babak empat besar sangat berat jadi milik Timnas Garuda.

Indonesia saat ini menempati peringkat empat klasemen sementara Grup B dengan 3 poin, tertinggal tiga poin dari Thailand dan Filipina di posisi pertama dan kedua. Sementara Singapura yang baru dua kali bertanding berada di posisi 3 dengan 3 poin.

Satu-satunya cara Indonesia bisa lolos ke semifinal adalah mengalahkan Filipina di partai terakhir pada 25 November mendatang. Dan berharap Thailand mengalahkan Filipina dan Singapura.

klasemen grup b, filipina vs singapura
Timnas Filipina. (affsuzukicup.com)

Bukan Cuma itu, Singapura juga diharapkan tidak menang besar lawan Timor Leste.

Tentu saja skenario ini sangat sulit terwujud. Sebab Thailand dan Filipina hanya butuh tambahan satu poin dari dua laga tersisa mereka untuk membuat Indonesia tersingkir.

Dan satu poin itu bisa saja mereka dapat kala keduanya bentrok pada 21 November mendatang.

Artinya, Indonesia bahkan sudah bisa dipastikan tersingkir sebelum menghadapi Filipina. Dengan kata lain, suporter Merah-Putih sebaiknya melupakan mimpi lolos ke semifinal dari sekarang.

CEO Radar Bogor Group, Hazairin Sitepu bersama putranya, menonton langsung laga Thailand vs Indonesia di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018).

Seperti diketahui, pada laga kontra Thailand, Indonesia yang sempat unggul lebih dulu malah kalah 2-4. Hasil yang memperpanjang kutukan Rajamangala bagi Tim Merah-Putih. Tak pernah menang sejak 1985.

Sementara di pertandingan lain, laga kedua Filipina lawan Timor Leste Sabtu (17/11/2018) malam tadi, anak asuh Sven Goran-Eriksson ini menang tipis 3-2.

Berikut klasemen sementara Grup B Piala AFF 2018:

# Grup B MP W D L G Poin
1. Thailand 2 2 0 0 11:2 6
2. Philippines 2 2 0 0 4:2 6
3. Singapore 2 1 0 1 1:1 3
4. Indonesia 3 1 0 2 5:6 3
5. East Timor 3 0 0 3 3:13 0

(fat/pojoksatu)