Korea Raih Emas Asian Games 2018, Son Heung-Min Cs Bebas dari Wajib Militer

korea selatan, son heung-min, wajib militer, asian games 2018
Son Heung-Min - Striker Korsel di Asian Games 2018 (washingtongpost.com)

POJOKSATU.ID, BOGOR – Sukses Korea Selatan meraih medali emas sepak bola Asian Games 2018 memiliki arti ganda. Selain berhasil mempertahankan gelar yang diraih pada Asian Games 2014 lalu, Son Heung-Min Cs juga dipastikan terbebas dari aturan ikut wajib militer.


Seperti diketahui, Korea Selatan mewajibkan warganya mengikuti wajib militer sebelum berusia 29 tahun. Kecuali bagi atlet yang mampu meraih medali emas di turnamen olahraga minimal sekelas Asian Games, Olimpiade atau Piala Dunia.

Hal itu pula yang membuat Son yang saat ini berusia 26 tahun ngotot memenuhi panggilan membela Timnas Korea Selatan U-23 untuk tampil di Asian Games 2018. Striker Tottenham Hotspur itu mengisi kuota tiga pemain senior.


Kalahkan Jepang di Final, Korea Selatan Pertahankan Emas Sepak Bola Asian Games

Untungnya pihak klub mengizinkan Son ikut Asian Games dan lebih beruntung lagi, Tim Negeri Gingseng itu benar-benar sukses meraih medali emas.

Di final, Korea mengalahkan Jepang melalui pertandingan ketat di Stadion Pakansari, Sabtu (1/9/2018) malam. Setelah bermain imbang tanpa gol dalam 90 menit waktu normal, Korea akhirnya menang 2-1 di babak perpanjangan waktu.

Striker Korea Selatan/Tottenham Hotspur, Son Heung-Min. (Twitter Tottenham)

Korea membuka keunggulan pada menit 93. Pemain Korsel, Lee Seung-Woo sukses mencepolskan si kulit bundar ke gawang Jepang.

Delapan menit berselang, sundulan Hwang Hee-Chan menggandakan keunggulan Korea menjadi 2-0.

Daftar Lengkap Peraih 31 Medali Emas Indonesia di Asian Games 2018

Meski sudah tertinggal dua gol, Jepang tampaknya belum mau menyerah. Di babak extra tim kedua, Ayase Ueda mampu menipiskan ketinggalan timnya lewat sundulan, tepatnya pada menit 115.

Gol yang membangkitkan semangat para pemain Jepang untuk menyamakan skor. Sayangnya, hingga laga usai tidak ada lagi gol tercipta. Korea menang 2-1 sekaligus memastikan medali emas sepak bola.

Dengan demikian, Korea mempertahankan medali emas yang mereka raih saat jadi tuan rumah pada Asian Games 2014 lalu.

Download aplikasi Pojoksatu.id dan dapatkan hadiah menarik setiap hari

(fat/pojoksatu)