Rahasia Dibalik Penjualan Cristiano Ronaldo ke Real Madrid

Sir Alex Ferguson (footballburp.com)

POJOKSATU.id, LONDON – Mantan Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson berbicara mengenai satu cerita dibalik mega transfer Cristiano Ronaldo ke Real Madrid pada 2009.


Dilansir Marca, Sir Alex mengungkapkan, proses transfer peraih Ballon d’Or 2017 itu bisa berlangsung cepat saat itu, namun ia sengaja tidak melakukannya.

Sir Alex pun menjelaskan alasan di balik langkah ‘lambannya’ itu, semata karena ia tidak ingin Ronaldo menjadi alat kampanye para petinggi Real Madrid, karena di waktu bersamaan di Santiago Bernabeu akan digelar pemilihan presiden baru mereka.


“Ramon Calderon yang maju menjadi calon Presiden Real Madrid ingin menggunakan Cristiano sebagai senjata dalam pemilihan, dan itu tampaknya tidak benar,” kata Sir Alex kepada France Football.

Oleh karena itu, Sir Alex menegaskan, ia tidak ingin menjual Ronaldo ke Calderon, melainkan ke Real Madrid.

“Dan, pada tahun 2009, Florentino Perez yang terpilih menjadi presiden, dan itu adalah mudah untuk mengelola transfer dengannya,” ungkapnya.

Sir Alex pun memuji agen Ronaldo, Jorge Mendes yang saat ini tidak ngotot untuk segera membawa sang pemain ke Santiago Bernabeu.

“Mendes luar biasa, dan dia mengorbankan permainan finansialnya demi karir sang pemain,’ ucapnya memungkasi.

Cristiano Ronaldo yang menjelma menjadi superstar lapangan hijau di Real Madrid telah memenangkan banyak penghargaan, baik untuk timnya maupun penghargaan individu.

Selama menjadi binaan Sir Alex dari 2003 hingga 2009, pria Portugal berusia 32 tahun itu telah mengoleksi 96 gol dari 214 penampilannya.

Sementara sejak kepindahannya ke Santiago Bernabeu pada 2009, Ronaldo yang telah melakoni sekitar 326 pertandingan telak mengoleksi 315 gol diberbagai ajang kompetisi.

(qur/pojoksatu)