Ronaldo Memang Kandidat Kuat Peraih Ballon d’Or, Tapi Fakta Ini Menunjukkan Messi Lebih Baik

kandidat kuat peraih ballon d'or, cristiano ronaldo, lionel messi, ballon d'or 2017

POJOKSATU.ID, JAKARTA–Sebanyak 30 pemain masuk nominasi peraih Ballon d’Or 2017 sudah diumumkan majalah France Football. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kembali mengemuka sebagai kandidat kuat peraih penghargaan bergengsi ini.

Ronaldo bahkan disebut-sebut bakal memenangkan penghargaan yang akan diumumkan pada Desember mendatang. Hal itu didasarkan pada prestasi bersama Real Madrid sepanjang tahun ini.

CR7 menjadi aktor utama di balik sukses Los Blancos mempertahankan gelar juara Liga Champions musim ini. Prestasi yang sangat luar biasa mengingat belum ada klub sebelumnya yang mampu mengangkat trofi Si Kuping Besar dua musim beruntun, di era modern.

Cristiano Ronaldo akan tetap di Real Madrid musim depan
Cristiano Ronaldo.

Namun faktanya sepanjang 2017 ini, rival Ronaldo, Lionel Messi juga mencatat statistik individu yang tak kalah mentereng.


BACA JUGA:

Gelar ‘Raja Seri’ Persib Bisa Berakhir di Markas PSM

Jadi Runner Up Grup F, Slovakia Hampir Pasti Gagal ke Piala Dunia 2018

Bahkan data yang dirilis Opta, Messi jauh lebih baik. Tercatat sepanjang tahun ini, Messi bermain dalam 43 pertandingan (3.788 menit), sementara Ronaldo tampil 34 laga (2.924 menit) di semua kompetisi.

Dalam kesempatan itu, Messi terlibat dalam 56 gol bagi timnya, dengan rincian 45 gol dan 11 assist. Bandingkan dengan Ronaldo yang hanya mencetak 31 gol dan 6 assist dalam periode yang sama.