Inilah 15 Negara yang Lolos Piala Dunia 2018, Berikut Daftar Lengkapnya

negara muslim di piala dunia 2018, kualifikasi piala dunia 2018, negara muslim
Pemain Mesir Mohamed Salah merayakan kemanangan 2-1 timnya atas Kongo. Hasil itu membawa Mesir lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

POJOKSATU,id-Babak kualifikasi Piala Dunia 2018 hampir rampung. Tercatat, sudah 15 negara dari kuota 32 tim putaran final memastikan diri lolos ke Rusia 2018.

Mesir dan Polandia menjadi dua negara terakhir yang memastikan diri lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2018 pada Minggu (8/10).

Mesir mampu menjuarai Grup E Zona Afrika usai menggilas Kongo dengan skor tipis 2-1. The Pharaohs tercatat telah mengumpulkan 12 poin dari total empat kemenangan dan satu kekalahan.

Meskipun masih menyisakan satu laga sisa kontra Ghana, raihan angka itu tidak bisa lagi disusul oleh Uganda yang berada di posisi kedua, karena hanya baru mengumpulkan delapan poin saja.


Selain Polandia dan Mesir, Kosta Rika juga ikut mengambil satu slot untuk berlaga di Piala Dunia 2018. Kosta Rika mampu mengamankan posisi dua atau runner up klasemen Zona CONCACAF dengan raihan 16 poin.

Pertandingan terakhir di Grup C dan F Zona Eropa juga telah rampung digelar pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2018. Timnas Inggris dan Jerman yang telah lama memastikan satu tiket di Rusia kembali memperpanjang rekor positif.

The Three Lions mampu mempermalukan Lithuania dengan skor tipis 1-0, sementara Der Panzer meraih hasil fantastis dengan menggilas Azerbaijan dengan skor 5-1.

Hasil positif juga mampu diraih oleh Polandia yang mengalahkan Montenegro dengan skor 4-2. Tambahan tiga poin itu mampu mengamankan satu tempat di Rusia pada 2018 mendatang.

Berikut daftar lengkap negara yang sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018:

1. Rusia (tuan rumah)

2. Brasil (pemuncak klasemen Zona CONMEBOL)

3. Iran (pemuncak klasemen Grup A Zona Asia)

4. Jepang (pemuncak klasemen Grup B Zona Asia)

5. Meksiko (pemuncak klasemen Zona CONCACAF)

6. Belgia (pemuncak klasemen Grup H Zona Eropa)

7. Korea Selatan (runner up klasemen Grup A Zona Asia)

8. Arab Saudi (runner up klasemen Grup B Zona Asia)

9. Jerman (pemuncak klasemen Grup C Zona Eropa)

10. Inggris (pemuncak klasemen Grup F Zona Eropa)

11. Spanyol (pemuncak klasemen Grup G Zona Eropa)

12. Nigeria (pemuncak klasemen Grup B Zona Afrika)

13. Kosta Rika (runner up klasemen Zona CONCACAF)

14. Polandia (pemuncak klasemen Grup E Zona Eropa)

15. Mesir (pemuncak klasemen Grup E Zona Afrika)

(ysp/pojoksatu)