RESMI! KVNB Umumkan Pelatih Baru Timnas Belanda

timnas belanda, dick advocaat, ruud gullit, pelatih belanda, ruud gullit, dick advocaat
Dick Advocaat dan Ruud Gullit ditunjuk sebagai arsitek Timnas Belanda.

POJOKSATU.ID, ZEIST–Federasi Sepakbola Belanda (KVNB) baru saja mengumumkan pelatih baru Timnas Belanda. Adalah duet Dick Advocaat dan Ruud Gullit yang dipercaya sebagai arsitek Tim Oranye menggantikan Danny Blind.

Advocaat dan Gullit dibebani target tinggi, yaitu membawa Timnas Belanda lolos ke Piala Dunia 2018.

Dalam sebuah jumpa pers yang berlangsung di Zeist, Advocaat ditunjuk untuk menggantikan Danny Blind. Blind dipecat karena gagal membawa The Flying Dutchmen lolos ke Euro 2016 dan buruknya performa tim selama babak kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Ada dua skenario. Pertama, kami memilih opsi kontrak jangka waktu panjang atau melakukan segala cara agar bisa lolos ke Piala Dunia 2018. Jadi, kami memilih opsi kedua,” kata Direktur Teknik Federasi Sepakbola Belanda, Hans van Breukelen.


BACA JUGA:
PS TNI Raih 3 Poin di Markas Barito
Persiba Remuk, Sriwijaya FC Kembali ke Jalur Kemenangan

Sayang, Advocaat tidak bisa langsung melatih The Flying Dutchmen hingga arsitek yang akan berusia 70 tahun tersebut meninggalkan klub yang dilatihnya, Fenerbahce.

“Sayang, Dick Advocaat tidak bisa langsung melatih Timnas Belanda. Tapi, begitu ya adanya,” lanjut Van Breukelen, sebagaimana diberitakan The Guardian.

Untuk itu, Fred Grim sementara masih melatih Arjen Robben dkk. Demi mempermudah tugas Advocaat, maka KVNB juga menunjuk Gullit sebagai assistennya.

Praktis, Advocaat menjadi arsitek tertua yang pernah melatih Timnas Belanda. Dia memecahkan rekor Guus Hiddink yang berusia 68 tahun ketika melatih The Flying Dutchmen.

(guard/fat/pojoksatu)