Gak Nyangka, Ternyata Ini Penyebab Jatuhnya Pesawat Chapecoense

chapecoense, pesawat jatuh di kolombia, pesawat jatuh, jersey chapecoense
Klub Chapecoense dijadwalkan untuk tampil dalam laga pertama final Copa Sudamericana melawan Atletico Nacional Medellin.

POJOKSATU.id, JAKARTA – Akhirnya, penyebab pasti jatuhnya pesawat yang menewaskan seluruh rombongan klub Brasil Chapecoense, terungkap.

Berdasarkan hasil penyelidikan otositas Kolombia, akhirnya memastikan bahwa faktor teknis dan malfungsi bukanlah penyebabnya.

Dilansir FourFourTwo, pesawat yang seminggu sebelum jatuh sempat ditumpangi Neymar, Lionel Messi dan Javier MAscherano untuk kualifikasi Piala Dunia 2018 anatara Brasil dan Argentina itu, murni disebabkan kelalaian.

Dengan begitu, yang harus menanggung tragedi tersebut adalah sang pilot pesawat yang tak menyadari bahan bakar habis.


“Tak ada faktor teknikal dalam kecelakaan ini. Semua ini terjadi karena human error,” ungkap Sekretaris Keamanan penerbangan Udara Kolombia Kolonel Freddy Bonilla Selasa (27/12).

Selain karena habis bahan bakar, pesawat juga diketahui kelebihan muatan angkut seberat 400kg.

Pihak lain yang dianggap ikut bertanggungjawab adalah otoritas Bolivia dan LaMia, selaku pemilik maskapai penerbangan, karena dianggap lalai dengan kondisi-kondisi tersebut dan tetap membiarkan pesawat mengudara.

Seperti diketahui, pesawat tersebut jatuh dan hancur berkeping-keping. Total 71 nyawa melayang termasuk punggawa Chapecoense dan rombongan jurnalis.

Peristiwa itu pun menjadi tragedi terburuk dan memilukan yang menimpa sebuah klub sepakbola.

(ruh/pojoksatu)