Si Bocah Jenius di Sydney Ini Anak Indonesia?

nak-indo
Jonah Soewandito. Sydney Morning Herald

POJOKSATU- Seorang bocah berusai 11 tahun yang diduga kuat seorang warga negara Indonesia menghebohkan Australia. Pada usianya yang masih sangat muda, dia sudah lulus SMA dengan nilai terbaik dan di atas rata-rata siswa Australia pada umumnya.

Seorang bocah itu bernama Jonah Soewandito. Dia sudah lulus ujian HSC (setara ujian akhir SMA) dua balun lalu dengan raihan nilai matematika dan kimia tertinggi di sekolahnya yakni 90! Meski sudah sukses lulus HSC dengan nilai terbaik, Jonah rupanya masih harus melakukan tes untuk Fisika, bahasa Inggris dan empat paket tes matematika di tahun 2015 agar resmi meraih ijazah SMA. Kejeniusan Jonah sendiri rupanya sudah terlihat semenjak usia 3 tahun di mana dirinya sanggup membaca dan menulis huruf latin. Bahkan Jonah mampu menguasai garis besar pelajaran level SD hanya dalam 2 tahun saja.

bocah-11-tahun-jenius-lulus-sma-di-aust-315d3bNamun yang mungkin bisa membuat publik Indonesia bangga akan Jonah adalah adanya kemungkinan jika dia merupakan bocah keturunan Indonesia. Dari nama belakangnya yakni Soewandito, dugaan muncul bahwa Jonah bisa saja punya garis darah suku Jawa karena namanya tidak asing untuk nama Indonesia. Hanya saja, pihak keluarga Jonah memilih untuk enggan diwawancarai.

Namun, pihak sekolah Jonah, Scots College di Sydney enggan mengungkap identitas Jonah dan hanya menemukan jika bocah itu lahir di Australia. Seperti dilansir, bungkamnya keluarga dan sekolah sendiri dinilai demi menjaga popularitas Jonah masih anak-anak.


Si bocah jenius ini berencana bisa kuliah di kedokteran agar bisa menemukan obat untuk penyakit kanker. Beruntung pihak Scots College sedang berusaha bahwa Jonah bisa berkuliah S1 kedokteran di Universitas Sydney. (ps/bbc)