Pelatih PSM Makassar Ragukan Keabsahan 4 Gol Persija, Sepak Bola Indonesia Butuh VAR

Persija Jakarta mengalahkan PSM Makassar 4-2 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu (25/1) sore. Namun Bernardo Tavares meragukan keabsahan keempat gol Macan Kemayoran. Foto: Twitter/Persija_Jkt
Persija Jakarta mengalahkan PSM Makassar 4-2 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu (25/1) sore. Namun Bernardo Tavares meragukan keabsahan keempat gol Macan Kemayoran. Foto: Twitter/Persija_Jkt

POJOKSATU.ID, BEKASI – Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares tampaknya tidak menerima baik kekalahan 2-4 anak asuhnya dari Persija Jakarta.


Seperti diketahui, pada laga pekan ke-20 Liga 1 2022/23 antara Persija vs PSM di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu (25/1) sore, Macan Kemayoran menang telak 4-2.

Meski demikian Bernardo Tavares menganggap tak satu pun dari keempat gol Persija ke gawang Reza Pratama layak disahkan.

“Saya kira Indonesia membutuhkan VAR untuk meningkatkan kualitas sepak bola,” kata Bernardo dalam konferensi pers seusai pertandingan.


BACA JUGA : Tolak Kenaikan Biaya Haji, Fraksi Demokrat : Pemerintah Jangan Berbisnis Pelaksanaan Haji

Menurut pelatih asal Portugal itu, gol pertama Persija yang dibuat Abdulla Yusuf Helal seharusnya tidak disahkan karena dia menganggap Riko Simanjuntak berada dalam posisi offside sebelum melepaskan assist.

Kemudian, pada gol kedua Persija yang diciptakan Aji Kusuma, Bernardo menilai terjadi pelanggaran terhadap bek Yuran Ferbandes sebelum gol tersebut.

“Yuran ditarik tetapi wasit tidak melakukan apa-apa. Lalu saat gol ketiga Persija, semestinya kami mendapatkan lemparan ke dalam sebelum gol.”

BACA JUGA : Persija Hajar PSM 4-2, Begini Klasemen Terbaru Liga 1

“Dan gol keempat Persija itu, saya meragukannya. Sudut kamera televisi tidak bisa mengambil sudut pandang situasi-situasi itu,” kata Bernardo.

Selain itu, pria berusia 42 tahun tersebut juga mengkritik sikap pemain-pemain Persija yang dinilainya kerap mengulur-ulur waktu dengan terjatuh di lapangan.

Kinerja wasit Aprisman Aranda benar-benar dalam sorotan Bernardo.

BACA JUGA : Kalahkan PSM Makassar, Persija Pastikan di Puncak Klasemen Sementara

Menurut dia, Aprisman juga seharusnya memberikan tambahan waktu lebih dari tiga menit sebelum mengakhiri pertandingan.

“Seharusnya perangkat pertandingan menerapkan aturan yang sama di semua laga,” tutur Bernardo.

Persija mengandaskan PSM 4-2 berkat dua gol Aji Kusuma dan dua gol Abdulla Yusuf Helal.

PSM memperkecil kedudukan melalui Everton Nascimento dan Rasyid Bakri.

Hasil itu membuat PSM Makassar disalip Persija dalam puncak klasemen Liga 1.

Pasukan Ramang kini turun ke peringkat kedua dengan 38 poin dari 20 laga yang sama dengan Persija namun kalah head to head.

Selanjutnya pada pekan ke-21 Liga 1, PSM akan menjamu RANS Nusantara FC dan Persija menghadapi tim kota tetangga Persikabo 1973. (medil/pojoksatu)