Inilah Pelatih Baru Timnas Spanyol Pengganti Enrique, 2 Kali Juara Eropa

Pelatih baru Timnas Spanyol, Luis de la Fuente diumumkan RFEF pada Kamis (8/12/2022). Foto: twitter/rfef
Pelatih baru Timnas Spanyol, Luis de la Fuente diumumkan RFEF pada Kamis (8/12/2022). Foto: twitter/rfef

POJOKSATU.ID, MADRID – Hanya beberapa jam setelah memutuskan berpisah dengan Luis Enrique, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) langsung menunjuk pelatih baru Timnas Spanyol. Yakni Luis de la Fuente.


Secara resmi Luis de la Fuente baru menjabat pelatih Spanyol pada Senin (12/12) depan, namun laman resmi RFEF sudah mengumumkan penunjukan pengganti Enrique itu.

Dikutip Pojoksatu.id dari laman resmi RFEF, Kamis (8/12) malam, disebutkan bahwa mereka telah memilih Luis de la Fuente sebagai pelatih tim nasional Spanyol yang baru.

Direktur olahraga, Jose Francisco Molina telah meneruskan laporan kepada presiden RFEF, Luis Rubiales, di mana dia merekomendasikan pilihan pelatih dari La Rioja.


De La Fuente yang saat ini menukangi Timnas Spanyol U-21, akan memimpin era baru Tim Matador yang dimulai setelah Piala Dunia 2022 di Qatar.

BACA JUGA : Timnas Spanyol dan Luis Enrique Resmi Berpisah, Ini Prestasi Terbaiknya Selama Melatih Tim Matador

“Molina akan mempresentasikan laporan pengangkatan Fuente Senin depan, kepada dewan direksi RFEF,” tulis leman resmi RFEF.

Luis de la Fuente (Haro, 1961) menarik perhatian RFEF setelah sukses menukangi tim muda Spanyol.

Pada 2015, ia berhasil membawa Spanyol U-19 menjuarai Piala Eropa U-19.

Tiga tahun kemudian, meraih medali emas di Mediterranean Games bersama tim U-18.

BACA JUGA : 12 Fakta Kroasia vs Brasil Jelang Duel Perempat Final Piala Dunia 2022 : Ada Karma Selecao

Selanjutnya, pada Juli 2018 ia ditunjuk sebagai pelatih U-21 dan setahun kemudian, pada 2019 membawa Tim Matador muda juara Eropa di Italia.

Itu merupakan gelar kelima untuk Spanyol U-21 setelah mengalahkan Jerman di final (2-1).

Fuente juga memimpin anak asuhnya meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung pada 23 Juli 2021 hingga 8 Agustus 2021.

Pelatih baru Spanyol ini akan menjalani debutnya pada bulan Maret di babak kualifikasi Euro 2024 Jerman dan akan menghadapi dua pertandingan pertama melawan Norwegia dan Skotlandia.

BACA JUGA : Profil Yassine Bounou, Kiper Maroko yang Bikin Tim Matador Jadi Pecundang di Al Rayyan

Diberitakan sebelumnya, Luis Enrique dipastikan tak lagi jadi Timnas Spanyol setelah Tim Matador disingkirkan Maroko di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Melalui keterangan resminya, RFEF menyebut mereka tak memperpanjang kontrak eks juru taktik Barcelona tersebut.

Kontrak Luis Enrique sendiri sejatinya kedaluwarsa pada akhir Desember ini.

RFEF mengucapkan banyak terima kasih atas kontribusi Enrique selama empat musim membesut Timnas Spanyol dari 2018 hingga 2022.

“Federasi ingin berterima kasih kepada Luis Enrique dan seluruh staf pelatihnya yang menangani Spanyol dalam beberapa tahun terakhir,” bunyi pernyataan RFEF dalam laman resmi, Kamis (8/12).

“Manajemen telah memberikan laporan kepada Presiden RFEF terkait proyek baru yang harus dimulai untuk timnas dengan melanjutkan apa yang sudah dibangun Luis Enrique,” tambah pernyataan tersebut. (medil/pojoksatu)