Profil Yassine Bounou : Pemain Terbaik Laga Maroko vs Spanyol, Tidak Masuk 10 Besar Kiper Termahal di Piala Dunia 2022

Profil Yassine Bounou yang jadi pahlawan kemenangan Maroko atas Spanyol di babak 16 besar Piala DUnia 2022, Selasa (6/12) malam WIB. Foto: twitter/FIFAWorldCup
Profil Yassine Bounou yang jadi pahlawan kemenangan Maroko atas Spanyol di babak 16 besar Piala DUnia 2022, Selasa (6/12) malam WIB. Foto: twitter/FIFAWorldCup

POJOKSATU.ID, AL RAYYAN – Profil Yassine Bounou diulas lengkap dalam artikel ini. Kiper Maroko ini jadi pahlawan kemenangan timnyas atas Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12) malam WIB.


Aksi gemilang kiper Sevilla ini membuat tak satupun algojo La Furia Roja yang mampu mencatat skor dalam drama adu penalti Maroko vs Spanyol.

Nama Yassine Bounou atau Yassine Bono pun terpilih sebagai pemain terbaik atau Man of The Match Maroko vs Spanyol.

Seperti diketahui, pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 antara Maroko vs Spanyol di Education City Stadium (Al Rayyan), Qatar, berakhir imbang tanpa gol dalam waktu normal.


Skor tak kunjung berubah meski sudah dilakukan perpanjangan waktu 2×15 menit.

Sebelum adu penalti, penampilan Bono belum terlalu menonjol karena para pemain Spanyol juga jarang melepaskan tembakan tepat sasaran.

BACA JUGA : Profil Yassine Bounou, Kiper Maroko yang Bikin Tim Matador Jadi Pecundang di Al Rayyan

Namun aksi heroik kiper 31 tahun itu baru terlihat ketika penentuan pemenang harus melalui adu tos-tosan.

Pada fase inilah Bono membuat para algojo Tim Matador frustasi. Tidak ada penalti Spanyol yang masuk.

Eksekutor pertama, Pablo Serbia tendangannya mengenai tiang kiri gawang Maroko.

Sementara tendangan Carlos Soler dan kapten Sergio Busquets bisa digagalkan dengan ciamik oleh Yassine Bounou.

Adapun algojo Singa Atlas (Julukan Timnas Maroko) antara lain Abdelhamid Sabiri, Hakim Ziyech dan Achraf Hakimi berhasil menaklukkan Unai Simon.

Kiper Spanyol hanya mampu menempis satu penalti Maroko yang dilakukan Badr Benoun.

Maroko menang adu penalti 3-0 dan melenggang ke babak perempat final.

BACA JUGA : Teuku Wisnu : Selamat Maroko, Bismillah Kalahkan Portugal

Di fase delapan besar ini, Singa Atlas akan menghadapi Timnas Portugal yang pada Rabu dini hari tadi menghajar Swiss 6-1.

Tidak Masuk 10 Besar Kiper Termahal

Dipantau Pojoksatu.id di laman Transfermarkt, Rabu (7/12), nama Bono ternyata tidak masuk dalam daftar 10 kiper termahal yang tampil di Piala Dunia 2022.

Bono hanya ada di urutan ke-16 dengan harga pasar sekitar 15 juta euro atau setara dengan Rp244 miliar (kurs 1 euro = Rp16.300).

Posisi teratas dalam daftar ini ditempati kiper Timnas Belgia yang membela Real Madrid, Thibaut Courtouis yang mencapai 60 juta euro (Rp978 miliar).

Anda tahu sendiri bagaimana nasib Belgia. Harus pulang kampung lebih cepat, salah satunya karena dikalahkan Maroko 0-2 pada matchday 2 Grup F.

BACA JUGA : Bursa Taruhan dan Prediksi Skor Maroko vs Spanyol : Condong Pilih Singa Atlas

Disusul dua kiper Brasil, Alisson Becker dan Ederson. Adapun kiper Spanyol, Unai Simo di urutan ke-9 dengan harga pasar 25 juta euro.

Meski harganya tidak selangit, tapi prestasi Bono menjulang tinggi. Ia tercatat sebagai kiper terbaik La Liga musim 2021/22 lalu.

Bagi Anda pecinta La Liga Spanyol nama Yassine Bono tentu tidak asing. Pasti kerap melihat aksi memukau kiper bertinggi 192 cm ini di bawah mistar gawang Sevilla.

Bono lahir di Montreal, Kanada, pada 5 April 1991. Namun, sejak muda ia sudah pindah ke Maroko.

Klub pertama Bono adalah Wydad Casablanca yang ia bela sejak dari tim akademi. Ia kemudian promosi ke tim senior pada 2010.

Tahun 2011, Bono membuat debutnya bersama tim utama Wydad Casablanca. Ia membela klub ini dari 2010-2012.

Bounou hijrah ke Spanyol pada 1 Juli 2012 untuk bergabung dengan Atletico Madrid B dengan biaya 360 ribu Euro atau setara dengan Rp5,8 miliar (kurs 1 euro = Rp16.300).

Bersama tim kedua Los Rojiblancos itu, Bono bermain sebanyak 47 kali dari 2012-2014.

Tapi belum sempat membela Atletico Madrid senior, ia dipinjamkan ke Real Zaragoza pada 1 September 2014.

Pada musim panas 2016, Atletico menjual Bono ke Girona. Setelah dua tahun berkarir di Girona, Bono dipinjamkan lagi ke Sevilla pada September 2019 sebagai pelapis dari Tomas Vacik.

Sevilla memutuskan membeli Bono secara permanen pada September 2020 dengan biaya 4 juta euro atau sekitar Rp65 miliar.

Saat ini ia terikat kontrak hingga Juni 2025 dengan harga pasar sekitar 15 juta euro (Rp244 miliar).

Pada musim 2021/22 lalu, Yassine Bounou terpilih sebagai kiper terbaik La Liga versi media Marca.

Sepanjang musim itu ia kebobolan 24 gol dari 31 pertandingan membuatnya memiliki rasio 0,77 gol per laga. Berkat penampilan cemerlang itu, Bono merebut trofi Zamora.

Mengalahkan kiper Real Madrid, Thibaualt Courtois yang kebobolan 29 gol dari 36 laga dan mencatatkan rasio 0,81 gol per laga.

Yassine Bono diketahui mencatat debut bersama Timnas Maroko pada 14 Agustus 2013.

Ketika itu ia bermain di babak kedua saat Maroko menghadapi Burkina Faso. Sebelumnya, ia pernah tampil bersama Maroko U-23 di Olimpiade 2012.

Bono juga menjadi bagian dari Timnas Maroko di Piala Dunia 2018 Rusia. Kini Bono memiliki 49 caps bersama Timnas Maroko, dengan mencatatkan 31 kali clean sheet.

Profil Yassine Bounou

  • Nama: Yassine Bounou
  • Tempat, Tanggal Lahir: Montreal, Kanada, 5 April 1991 (31 tahun).
  • Tinggi: 192 cm
  • Posisi: Kiper
  • Klub: Wydad AC, Atletico Madrid B, Real Zaragoza, Girona, dan kini Sevilla sejak 2019.

Demikian profil Yassine Bounou yang terpilih sebagai pemain terbaik (MoM) laga Maroko vs Spanyol pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. (medil/pojoksatu)