Shin Tae Yong Sependapat dengan Bung Kus, Mental Timnas Indonesia U-20 Lebih Baik dari Sebelumnya

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong. Foto: dok.pssi
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae Yong. Foto: dok.pssi

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae Yong memiliki pendapat senada dengan pengamat sepak bola, Mohammad Kusnaeni bahwa mental tim berjuluk Garuda Nusantara itu semakin baik.


Penilaian atas mental pemain Timnas Indonesia U-20 semakin baik terlihat saat laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 melawan Vietnam, Minggu (18/9) malam.

Sempat tertinggal 1-2 dan laga di Gelora Bung Tomo Surabaya itu tersisa 11 menit, Garuda Nusantara tidak patah semangat.

Mereka terus berjuang hingga akhirnya mencetak dua gol dan memenangkan laga dramatis itu dengan skor 3-2.


Kemenangan yang memastikan Garuda Nusantara juara Grup F dan lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 di Uzbekistan tahun depan.

BACA JUGA : Kata Bung Kus, Hal Ini Tak Kalah Penting dari Lolosnya Indonesia ke Final Piala Asia U-20 2023

Usai pertandingan Shin Tae Yong mengaku senang timnya bisa mengalahkan Vietnam sekaligus membayar kegagalan mereka di penyisihan grup Piala AFF U-19 2022, Juli lalu.

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai, mental pemain Indonesia saat ini sudah lebih baik karena tak mudah putus asa.

Dalam jumpa pers setelah pertandingan, pelatih STY mengakui bahwa saat Indonesia sudah unggul 1-0 atas Vietnam, pemain jadi lengah dan menganggap gampang lawan.

“Akibatnya karena anggap gampang, hilang fokus pemain dan kemasukan dua gol,” kata pelatih 53 tahun itu melalui penerjemahnya setelah pertandingan, dikutip Pojoksatu.id dari jpnn.com.

BACA JUGA : Kalah dari Indonesia, Vietnam Akhirnya Tetap Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Kondisi itu kemudian membuat Shin Tae Yong mengutak-atik strategi dan meminta pemainnya untuk bangkit.

Ternyata, mental dan motivasi pemain Indonesia menurutnya sudah membaik. Dia bahkan berani menegaskan bahwa mental dan kualitas tim Indonesia saat ini makin kuat dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya.

“Kami membalikkan keadaan lagi sampai cetak gol ketiga dan kami menang. Itu artinya tim Indonesia makin kuat, buktinya situasi kalah bisa dibalikkan dan menang,” tegas STY.

Pernyataan STY itu senada dengan pendapat Bung Kus dalam komentarnya saat siaran langsung Indonesia vs Vietnam di Indosiar.

BACA JUGA : 5 Negara Sudah Pastikan Tempat di Putaran Final Piala Asia U-20 2023, Termasuk Indonesia

Menurut Bung Kus, kemenangan ini menunjukkan bahwa Shin Tae Yong telah membentuk mental anak asuhnya dengan sangat baik.

Hal ini sangat penting bagi Timnas Indonesia U-20 karena akan menghadapi dua turnamen akbar tahun depan, di mana mental pemain akan sangat krusial memengaruhi penampilan mereka di lapangan.

“Ada yang tak kalah pentingnya dari lolos ke putaran final Piala Asia U-20 ini. Yakni bagaimana para pemain muda Indonesia ini tidak patah semangat ketika tertinggal dan pertandingan sudah mendekati akhir,” ujar Bung Kus.

“Mental pemain sangat dibutuhkan dalam pertandingan penting. Dan itu sudah ditunjukkan Marselino dan kawan-kawan pada laga lawan Vietnam. Ini harus dipertahankan,” ujar komentator senior itu.

Mental pantang menyerah itu diharapkan terus ditunjukkan para penggawa Garuda Nusantara ketika tampil di putran final Piala Asia U-20 2023 UZbekistan dan Piala Dunia U-20 2023 di mana Indonesia sebagai tuan rumah.

Vietnam Tetap Lolos Piala Asia U-20 2023

Adapun Vietnam, meski hanya  finis kedua di klasemen akhir Grup F, akhirnya juga dipastikan lolos ke sebagai salah satu dari lima runner up terbaik.

Dengan koleksi 6 poin dan selisih gol 11-4 (+7), Vietnam sudah dipastikan mengalahkan runner up Grup C, D, E, G, I dan J. (jpnn/medil/pojoksatu)