Kata Bung Kus, Hal Ini Tak Kalah Penting dari Lolosnya Indonesia ke Final Piala Asia U-20 2023

Rabbani Tasnim merayakan golnya ke gawang Vietnam yang memastikan Timnas Indonesia U-20 finis sebagai juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, dengan menang 3-2 di Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/9) malam. Foto: pssi
Rabbani Tasnim merayakan golnya ke gawang Vietnam yang memastikan Timnas Indonesia U-20 finis sebagai juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, dengan menang 3-2 di Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/9) malam. Foto: pssi

POJOKSATU.ID, SURABAYA – Mohammad Kusnaeni atau yang karib disapa dengan Bung Kus yang jadi komentator Indosiar dalam siaran langsung pertandingan Timnas U-20 Indonesia vs Vietnam, memberi poin khusus kepada Garuda Nusantara.


Bung Kus menilai ada hal yang tak kalah pentingnya selain lolosnya Indonesia ke Piala Asia U-20 tahun depan.

Yah, pecinta sepak bola Tanah Air memang tengah bersuka cita. Apalagi kalau bukan karena sukses Timnas Indonesia U-20 memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan.

Itu setelah anak asuh Shin Tae Yong berhasil memenangi laga dramatis kontra Vietnam U-20 pada laga terakhir Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 atau AFC U-20 Asian Cup 2023.


BACA JUGA : Klasemen Akhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20, Indonesia Sempurna

Pada pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/9) malam WIB, Indonesia sempat tertinggal 1-2 dan laga tersisa 11 menit.

Tapi Marselino Ferdinan cum suis berhasil mencetak dua gol dalam tiga menit sekaligus memastikan kemenangan 3-2.

Hasil yang membuat Garuda Nusantara menyegel status juara Grup F sekaligus lolos ke Uzbekistan tahun depan.

BACA JUGA : Hasil Indonesia vs Vietnam : 5 Gol di Babak Kedua, Garuda Nusantara Lolos ke Piala Asia U-20 2023

Menurut Bung Kus dalam komentarnya dalam siaran langsung Indonesia vs Vietnam, kemenangan ini menunjukkan bahwa Shin Tae Yong telah membentuk mental anak asuhnya dengan sangat baik.

Hal ini sangat penting bagi Timnas Indonesia U-20 karena akan menghadapi dua turnamen akbar tahun depan, di mana mental pemain akan sangat krusial memengaruhi penampilan mereka di lapangan.

“Ada yang tak kalah pentingnya dari lolos ke putaran final Piala Asia U-20 ini. Yakni bagaimana para pemain muda Indonesia ini tidak patah semangat ketika tertinggal dan pertandingan sudah mendekati akhir,” ujar Bung Kus.

BACA JUGA : Keluarga Lelah Dipanggil-panggil Polisi, Namun Kasus Brigadir Joshua Masih Mutar-mutar 3 Bulan

“Mental pemain sangat dibutuhkan dalam pertandingan penting. Dan itu sudah ditunjukkan Marselino dan kawan-kawan pada laga lawan Vietnam. Ini harus dipertahankan,” ujar komentator senior itu.

Mental pantang menyerah itu diharapkan terus ditunjukkan para penggawa Garuda Nusantara ketika tampil di putran final Piala Asia U-20 2023 UZbekistan dan Piala Dunia U-20 2023 di mana Indonesia sebagai tuan rumah. (medil/pojoksatu)