Daftar Pelatih Termahal Dunia, Manajer Baru Chelsea Graham Potter Langsung Posisi Kedua

Graham Potter langsung menempati posisi kedua daftar pelatih termahal dunia di bawah Julian Nagelsmann (Bayern Munich) usai diresmikan sebagai manajer Chelsea, Kamis (8/9/2022). Foto kolase: pojoksatu.id
Graham Potter langsung menempati posisi kedua daftar pelatih termahal dunia di bawah Julian Nagelsmann (Bayern Munich) usai diresmikan sebagai manajer Chelsea, Kamis (8/9/2022). Foto kolase: pojoksatu.id

POJOKSATU.ID, LONDON – Chelsea baru saja memboyong Graham Potter dari Brighton untuk jadi manajer The Blues yang baru. Tingginya biaya yang harus dibayar ke Brighton membuat Potter kini tercatat sebagai pelatih termahal kedua sepanjang sejarah sepak bola.


Melalui pengumuman resmi klub, Kamis (8/9/2022) Chelsea mengkonfirmasi Potter sebagai pelatih kepala baru klub, menggantikan Thomas Tuchel yang dipecat Rabu kemarin.

Mantan manajer Brighton itu menyetujui kontrak lima tahun atau sampai 2027 mendatang.

Menurut laporan di Inggris, pihak Stamford Bridge telah membayar biaya senilai 16 juta poundsterling (18,4 juta euro) atau setara dengan Rp276 miliar (Kurs 1 euro = Rp15 ribu).


BACA JUGA : Graham Potter Resmi jadi Manajer Chelsea, Todd Boehly Menyebutnya Pelatih Inovatif

Chelsea terpaksa membayar sebanyak itu untuk menebus klausul rilis Potter yang sebenarnya masih terikat kontrak dengan The Seagulls hingga 2025.

Dan angka itu membuatnya menjadi pelatih termahal kedua di belakang Julian Nagelsmann dari Bayern Munich, dikutip Pojoksatu.id dari Transfer Markt.

Daftar Pelatih Termahal Sepanjang Sejarah Sepak Bola

10. Ronald Koeman (2015)

Biaya 6 juta euro, ketika direkrut sebagai manajer Everton dari Southampton pada 2015.

8. Mark Hughes (2008)

Manchester City membayar 6,2 juta euro untuk memboyong Hughes dari Blackburn Rovers di awal era kepemilikan pengusaha asal Uni Emirates Arab, Khaldoon Al-Mubarak.

BACA JUGA : Prediksi Skor Liga Europa Malam Ini : Man United vs Sociedad, Red Star vs Monaco dan Lazio vs Feyenoord

8. Brendan Rodgers (2012)

Nama Rodgers dua kali masuk dalam daftar ini. Untuk yang pertama adalah ketika Liverpool membajaknya dari Swansea City pada tahun 2012 dengan juga biaya 6.2 juta euro.

7. Adi Hutter (2021)

Borussia Monchengladbach pernah membuat gebrakan dengan merogoh kocek hingga 7,5 juta euro untuk mendapatkan pelatih Eintracht Frankfurt, Adi Hutter tahun lalu.

6. Ruben Amorim (2020)

Jangan heran jika Sporting CP kini menjadi salah satu klub Portugal yang patut diwaspadai di Eropa. Bekas klub Cristiano Ronaldo itu ditukangi pelatih termahal keenam sepanjang sejarah.

Sporting membayar 10 juta euro untuk memboyongnya dari Braga pada 2020 lalu.

BACA JUGA : Jadwal Bola Hari Ini, 8 September : Madura United vs Bhayangkara FC, Arsenal, Roma dan Man United

5. Brendan Rodgers (2019)

Untuk kedua kalinya Rodgers masuk daftar ini. Kali ini kepindahannya dari Celtic ke Leicester City pada 2019 dengan biaya 10.44 juta euro, membuatnya tercatat sebagai pelatih termahal kelima.

4. Andre Villas-Boas (2011)

Sukses bersama Porto membuat Chelsea berani menebus Andre Villas-Boas seharga 15 juta euro pada 2011 lalu. Anda masih ingat apa prestasi Villas-Boas bersama The Blues?

3. Jose Mourinho (2010)

Rasanya tidak mengherankan jika nama Jose Mourinho ada dalam posisi ketiga daftar pelatih termahal sepanjang sejarah.

Status ini disandang The Special One ketika ditebus 16 juta euro oleh Real Madrid setelah mempersembahkan treble winner untuk Inter Milan pada 2010 lalu.

2. Graham Potter (2022)

Dan inilah nama baru yang langsung berada di peringkat kedua pelatih termahal dalam sejarah sepak bola dunia.

Ketika kontraknya bersama Brighton masih tersisa hingga 2025, Chelsea buru-buru menebusnya seharga 18.4 juta euro untuk menggantikan Thomas Tuchel.

1. Julian Nagelsmann (2021)

Status pelatih termahal masih dipegang Julian Nagelsmann. Mantan pelatih RB Leipzig ini ditebus Bayern Munich seharga 20 juta euro pada 2021 lalu. (medil/pojoksatu)