Derby Della Madonnina Jilid I Milik AC Milan : Duet Giroud-Leao Kacaukan Pertahanan Inter

Derby Della Madonnina atau Derbi Milan jilid pertama, AC Milan vs Inter Milan di Stadio San Siro, Sabtu (3/9) malam WIB, dimenangkan Rossoneri dengan skor tipis 3-2. Foto: LaPresse via twitter SerieA_EN
Derby Della Madonnina atau Derbi Milan jilid pertama, AC Milan vs Inter Milan di Stadio San Siro, Sabtu (3/9) malam WIB, dimenangkan Rossoneri dengan skor tipis 3-2. Foto: LaPresse via twitter SerieA_EN

POJOKSATU.ID, MILAN – Derby Della Madonnina atau Derbi Milan jilid pertama di Serie A musim 2022/23 jadi milik AC Milan. Pada laga di San Siro, Sabtu (3/9) malam WIB, Rossoneri mengalahkan Inter Milan 3-2.


Pada pertandingan pekan ke-5 Liga Italia itu, Stefano Pioli mengandalkan Olivier Giroud sebagai striker utama.

Dibantu Rafael Leao, Charles De Ketelaere dan Junior Messias sebagai gelandang serang Milan.

Sementara dari kubu Inter, Simone Inzaghi menurunkan duet Lautaro Martinez dan Joaquin Correa sebagai pengganti Romelu Lukaku yang cedera.


Laiknya laga derbi, pertandingan berlangsung panas. Baru menit kesembilan, Theo Hernandez dan Denzel Dumfries nyaris baku pukul. Keduanya diganjar kartu kuning.

BACA JUGA : Sambil Menangis, Ririn Dwi Ariyanti Akui Sejak Cerai dengan Aldi Bragi, Hubungan dengan Anak Sambungnya Putus

Inter unggul lebih dulu saat memasuki menit ke-21. Berawal dari penguasaan bola yang apik dari Lautaro, bola diberikan kepada Correa yang melanjutkan dengan umpan terobosan kepada Marcelo Brozovic.

Gelandang asal Kroasia kemudian dengan tenang menaklukkan Mike Maignan dalam posisi one on one. 1-0 Nerazzurri unggul.

Keunggulan Inter tidak bertahan lama. Tepatnya menit ke-28, sebuah kesalahan umpan Hakan Calhanoglu membuat Sandro Tonali menguasai bola di area pertahanan lawan.

BACA JUGA : Ngeri, Satu Tersangka Berperan Mengambil Foto Brigadir Joshua Bersimbah Darah, Ditemukan Sudah di Sini

Umpan gelandang berkebangsaan Italia itu disambut Rafael Leao dengan sepakan keras dari sudut sempit yang tak bisa dijangkau Samir Handanovic. Skor imbang 1-1.

Setelah gol Leao, Milan lebih dominan dalam penguasaan bola. Mereka kerap mengancam pertahanan Inter. Namun hingga jeda belum ada gol tambahan.

Sembilan menit setelah restart, Giroud membalikkan keadaan. Berawal dari penetrasi Leao dari sisi kanan pertahanan Inter lalu melepaskan umpan datar ke kotak penalti.

Giroud dalam posisi bebas untuk menyambutnya dengan tendangan ke tiang jauh. 2-1 Milan berbalik memimpin.

BACA JUGA : Susunan Pemain Milan vs Inter : Derbi Perdana De Ketelaere, Correa Gantikan Lukaku

Inter masih kesulitan keluar dari tekanan para pemain Milan. Bahkan pada menit ke-60, Leao mencetak gol keduanya pada laga ini usai menuntaskan umpan Giroud. 3-1 untuk Rossoneri.

Selama satu jam laga berjalan duet Giroud-Leao memang kerap mengacaukan pertahanan Inter yang terlihat sangat rapuh.

Setelah tertinggal dua gol, Inzaghi memasukkan Edin Dzeko, Henrikh Mkhitaryan dan Federico di Marco.

Masuknya tiga pemain ini mengubah permainan La Beneamata. Mereka kembali kerap mengancam pertahanan Rossoneri.

Inter pun berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 2-3 pada menit ke-67, setelah umpan datar Matteo Darmian dituntaskan Dzeko lewat sepakan keras dari jarak dekat.

Gol yang membangkitkan semangat para pemain Nerazzurri. Pada menit ke-71, Lautaro melepaskan sundulan yang masih bisa digagalkan Maignan.

Sementara tendangan dari luar kotak penalti Calhanoglu pada menit ke-77 bisa ditepis Maignan lalu mengenai tiang. Hanya sepak pojok.

Peluang Mkhitaryan pada masa injury babak kedua juga belum berhasil menjebol gawang Milan.

Pertandingan Milan vs Inter atau Derby Della Madonnina jilid pertama pun berakhir dengan skor 3-2.

Kemenangan yang membawa Milan bertengger di puncak klasemen sementara Liga Italia dengan 11 poin.

Sementara Inter Milan turun ke posisi kelima dengan 9 poin dari lima laga yang sudah dilakoni. (medil/pojoksatu)