PSM Hancurkan Persib 5-1 di Gelora BJ Habibie, Yakob Sayuri Cetak 2 Gol berkelas

Pertandingan PSM vs Persib pada laga pekan ke-7 Liga 1 2022/23 di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Senin (29/8) malam WIB, berakhir dengan skor 5-1. Foto: twitter/psm_makassar
Pertandingan PSM vs Persib pada laga pekan ke-7 Liga 1 2022/23 di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Senin (29/8) malam WIB, berakhir dengan skor 5-1. Foto: twitter/psm_makassar

POJOKSATU.ID, PAREPARE – Hujan gol mewarnai laga PSM vs Persib pada pekan ketujuh Liga 1 2022/23, Senin (29/8) malam WIB. Yakob Sayuri jadi perbincangan karena mencetak dua gol indah.


Pada laga PSM vs Persib di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Sulawesi Selatan itu, Juku Eja mencukur Maung Bandung dengan skor mencolok 5-1.

PSM Makassar yang pekan lalu tersingkir di AFC Cup 2022 setelah kalah dari Kuala Lumpur City pada final zona ASEAN, tampil beringas di ajang Liga 1.

Pada pertandingan PSM vs Persib ini pelatih Juku Eja, Bernardo Tavares tidak memainkan striker andalannya Everton Nascimento karena kurang fit.


Posisi penyerang utama dipercayakan kepada striker 19 tahun Ramadhan Sananta. Sementara Rizky Eka Pratama juga disimpan di bangku cadangan.

Kali ini Tavares menurunkan Muhammad Dzaky Asraf Huwaidi sebagai wing back kanan sementara di kiri Yakob Sayuri.

BACA JUGA : Koruptor Makin Canggih, KPK Tingkatkan Kerja Sama antar Negara Terkait TPPU

Dari kubu Persib Bandung, harusnya ini adalah laga debut Luis Milla sebagai pelatih Maung Bandung.

Namun mantan juru taktik Timnas Indonesia itu mendadak sakit sehingga asisten pelatih, Budiman yang mengomandoi Febri Hariyadi cum suis dari sisi lapangan.

Persib sendiri turun dengan bomber andalannya, David da Silva, dibantu Ciro Alves dan Febri di kedua sisi sayap.

Marc Klok, Dedi Kusnandar dan Ricky Kambuaya jadi penyeimbang di lini tengah.

Meski diperkuat para pemain bintangnya, Persib ternyata keteteran menghadapi permainan PSM.

BACA JUGA : Wow, Suporter FC Bekasi City di Stadion Patriot Rame Banget

Baru tiga menit laga berjalan, Pasukan Ramang sudah membuka keunggulan lewat tendangan melengkung indah dari Yakob Sayuri.

Menerima umpan datar Akbar Tanjung, Yakob langsung menyambut dengan sepakan placing yang tak bisa dijangkau I Made Wirawan. 1-0 untuk PSM.

Unggul cepat membuat para pemain tuan rumah sangat nyaman menguasai permainan.

Memasuki menit ke-19, kerja sama apik Wiljan Pluim dan Sayuri diselesaikan dengan sempurna oleh sontekan Sananta. 2-0 PSM unggul.

Beberapa saat kemudian, Persib mendapat peluang terbaiknya lewat sepakan Kambuaya yang masih melambung tipis dari gawang Reza Pratama.

BACA JUGA : Datangi Bareskrim, Faizal Assegaf Marah-marah : Kurang Ajar Kamu Erick, Bajingan Kamu !

Pangeran Biru berhasil memperkecil ketinggalan pada menit ke-32 lewat sepakan keras Marc Klok. PSM 2, Persib 1.

Tapi pada masa injury babak pertama, Juku Eja kembali menjauh 3-1 setelah umpan ciamik Pluim dituntaskan Sananta dengan sepakan mendatar ke tiang jauh.

Di awal babak kedua, Budiman memasukkan Frets Butuan. Berharap mantan pemain PSMS Medan ini menambah agresif lini depan timnya.

Namun malah PSM yang kembali mencetak gol. Lagi-lagi lewat gol indah Yakob Sayur.

Menguasai bola hasil umpan Akbar Tanjung, Yakon melakukan step over untuk mengelabui Butuan lalu melepaskan tendangan placing.

Kali ini arahnya mendatar ke tiang jauh dan sekali lagi gagal dijangkau I Made Wirawan. 4-1 PSM menjauh. Beberapa saat kemudian, nama Yakob Sayuri langsung trending di Twitter.

Pluim yang bermain apik sepanjang laga akhirnya ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-65.

Dari situasi setpiece di dekat kotak penalti Persib, pemain pengganti Rasyid Bakri mengirim umpan ke tiang dekat yang diteruskan Pluim dengan sundulan untuk membawa PSM unggul 5-1.

Setelah itu, PSM Makassar tidak terlalu bernafsu lagi mencetak gol. Mereka lebih fokus menjaga pertahanan.

Alhasil hingga laga PSM vs Persib bubar, skor 5-1 untuk Pasukan Ramang tidak berubah.

Kemenangan yang memperpanjang rekor PSM menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga pekan ke-7 Liga 1 musim ini.

Juku Eja pun nangkring di peringkat ketiga dengan 16 poin, hanya kalah selisih gol dari Madura United. Dan terpaut dua angka dari Borneo FC.

Namun PSM baru enam kali bertanding, sebab laga kontra Barito Putera pekan lalu ditunda karena PSM tampil di final Piala AFC 2022 zona ASEAN.

Sementara bagi Persib, ini adalah kekalahan keempat musim ini. Tim asuhan Luis Milla itu pun kian terpuruk di urutan ke-13 dengan 7 poin. (medil/pojoksatu)