Begini Formasi Ideal Persib Bandung di Tangan Luis Milla

Luis Milla resmi jadi pelatih Persib Bandung, Jumat (19/8). Foto: laman resmi persib
Luis Milla resmi jadi pelatih Persib Bandung, Jumat (19/8). Foto: laman resmi persib

POJOKSATU.ID, BANDUNGPersib Bandung telah menunjuk Luis Milla sebagai pelatih baru tim berjuluk Pangeran Biru itu, Jumat (19/8). Di tangan pelatih berkebangsaan Spanyol itu, seperti apa formasi Persib?


Luis Milla adalah mantan pelatih Timnas Indonesia senior dan U-23 pada tahun 2017 hingga 2018. Kini, ia diharapkan membawa Persib bersaing di papan atas Liga 1 2022/23.

Selama menukangi Timnas Garuda, juru taktik 56 tahun ini sangat identik dengan formasi 4-3-3 bertahan.

Ia menyukai gelandang kreatif nan agresif, serta memaksimalkan dua penyerang sayap yang lincah.


Pemain Persib, Febri Hariyadi adalah salah satu pemain favoritnya ketika menukangi Timnas Indonesia.

BACA JUGA : Klasemen Terbaru Liga 1, Update Jumat Malam : Madura United Nyaman Bertakhta, Persib Tembus 10 Besar

Luis Milla diprediksi akan kembali menggunakan formasi andalannya saat melatih Persib. Dengan formasi 4-3-3, slot penyerang sayap kanan tampaknya akan selalu dipercayakan kepada Febri.

Sementara di sisi kiri, Frets Butuan dan Ciro Alves akan bersaing ketat memikat hati Milla untuk dijadikan pemain regular.

Adapun posisi striker utama, David da Silva yang sejauh ini sudah membukukan lima gol tampaknya akan jadi pilihan utama Milla.

BACA JUGA : Persib Bandung Resmi Tunjuk Luis Milla Gantikan Roberts Alberts

Untuk trio gelandang, mantan pemain Real Madrid ini selalu menggunakan gelandang bertahan yang piawai membagi bola. Peran anchor man ini layak diberikan kepada Rahmat Irianto.

Dengan demikian, Marc Klok bisa memainkan peran yang disukainya sebagai deep lying playmaker, sementara Ricky Kambuaya seperti biasa jadi gelandang box to box.

Di barisan pertahanan, Kakang Rudianto, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto dan Daisuke Sato berpeluang jadi pilihan utama Milla.

BACA JUGA : Jacksen F Tiago Mundur Sebagai Pelatih Persis Solo, Gara-gara Didesak Istri

Sementara untuk pos penjaga gawang, pelatih baru Persib Bandung ini bisa mempercayakan kepada I Made Wiriawan.

Dengan formasi seperti ini, taktik Luis Milla yang menyukai permainan umpan-umpan pendek untuk membongkar pertahanan lawan, bisa berjalan dengan baik.

Bomber utama, David da Silva juga akan banyak mendapat suplai bola dari berbagai arah. Baik kedua sisi sayap, maupun umpan-umpan kunci dari Klok dan Kambuaya.

Prakiraan Formasi Persib di tangan Luis Milla

Persib (4-3-3)

I Made Wirawan; Kakang Rudianto, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto, Daisuke Sato; Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Febri Hariyadi, Frets Butuan, David da Silva

(medil/pojoksatu)