3 Konsorsium Berniat Beli Man United, Termasuk Elon Musk ?

Pemilik Manchester United, Malcolm Irving Glazer (kiri) sudah menetapkan harga jika ada konsorsium berniat beli Setan Merah. Foto: laman express
Pemilik Manchester United, Malcolm Irving Glazer (kiri) sudah menetapkan harga jika ada konsorsium berniat beli Setan Merah. Foto: laman express

POJOKSATU.ID, MANCHESTER – Pemilik Manchester United, keluarga Glazer dikabarkan sudah menetapkan banderol yang harus ditebus konsorsium jika ingin megakuisisi Setan Merah.


Rumor penjualan Manchester United mencuat beberapa jam terakhir setelah bos SpaceX, Elon Musk membuat kegaduhan di media sosial. Ia mengaku ingin membeli Manchester United, Selasa (16/8) malam waktu setempat.

Pernyataan itu kemudian diklarifikasi oleh Elon Musk bahwa apa yang disampaikannya hanya bercanda.

Namun laporan The Indepdendent, dikutip Pojoksatu.id dari Express, ternyata memang ada tiga konsorsium yang berniat membeli Man United.


Tidak disebutkan secara rinci siapa saja ketiga konsorsium itu. Apakah di antaranya ada Elon Musk.

BACA JUGA : Petinggi Man United Berubah Pikiran, Ada atau Tanpa Pengganti, Cristiano Ronaldo Silakan Hengkang

Tapi mereka menyebut Sir Jim Ratcliffe – pemilik INEOS yang sempat ingin mengakuisisi Chelsea sebelum Todd Boehly dan Clearlake – diyakini sebagai pembeli yang paling mungkin.

Terkait adanya minat dari konsorsium itu, pemilik Manchester United, Malcolm Irving Glazer dilaporkan sudah menetapkan harga. Yakni sebesar 5 miliar poundsterling atau sekitar dengan Rp89 triliun (kurs 1 paun = Rp17.800).

Suporter Manchester United sendiri sudah mendesak keluarga Glazer menjual Setan Merah sebelum Liga Inggris 2022/23 bergulir.

Protes itu muncul karena Glazer dianggap tidak serius dalam membangun skuad yang kompetitif. Protes itu kemungkinan akan dilancarkan kembali sebelum anak asuh Erik Ten Hag menghadapi Liverpool awal pekan depan.

BACA JUGA : Ketemu Elon Musk, Jokowi Jangan Senang Dulu Justru Kudu Ekstra Waspada, Ketemu Presiden kok Pakai Kaos Oblong

Secara umum, para pendukung mempermasalahkan pengambilan keputusan keluarga Glazer dan kurangnya investasi pribadi sejak mereka mengambil alih klub pada tahun 2003.

Pertemuan antara orang kaya dan pialang diduga telah berlangsung sejak Mei dan ada perasaan yang berkembang bahwa ‘kesepakatan abad ini’ mungkin terjadi.

Meskipun ada perubahan yang dirasakan, penggemar United mungkin harus bersabar untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan karena pengambilalihan yang monumental bisa memakan waktu antara satu dan dua tahun.

BACA JUGA : Man United Dipermalukan Brighton, Erik Ten Hag Senasib dengan Van Gaal

Akuisisi Chelsea baru-baru ini dilakukan karena sanksi pemerintah Inggris terhadap pemilik sebelumnya Roman Abramovich.

Harga besar yang harus dibayar untuk Chelsea, diperkirakan lebih dari 4 miliar poundsterling, tampaknya cukup bagi keluarga Glazer untuk melepas Man United.

Mengingat mereka mengakuisisi Manchester United ‘hanya’ sekitar 800 juta poundsterling hampir 20 tahun yang lalu. (fat/pojoksatu)