Persebaya Resmi Adukan Wasit Mansyur ke PSSI, 2 Keputusannya Rugikan Bajul Ijo

Pertandingan pekan keempat Liga 1 2022/23 antara Persebaya Surabaya vs Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (14/8). Foto: Twitter/liga1match
Pertandingan pekan keempat Liga 1 2022/23 antara Persebaya Surabaya vs Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (14/8). Foto: Twitter/liga1match

POJOKSATU.ID, JAKARTA – Persebaya Surabaya mengadukan wasit Mansyur ke PSSI setelah kepemimpinannya pada laga kontra Madura United pada pekan keempat Liga 1 2022/23, Minggu (14/8) lalu, dianggap sangat merugikan Bajul Ijo.


Dalam hal ini Persebaya mengajukan surat resmi ke PSSI dan berharap mengevaluasi kinerja pengadil pertandingan, wasit Mansyur asal DKI Jakarta.

“Kami sudah mengirimkan surat ke Ketua Umum PSSI dan komite wasit terkait permasalahan ini,” kata Manajer Persebaya Yahya Alkatiri, dikutip Pojoksatu.id dari JPNN.com.


Dalam keterangannya, Yahya menyebut dua kesalahan fatal wasit Mansur yang memengaruhi hasil akhir pertandingan bertajuk derbi Suramadu, Persebaya vs Madura United tersebut.

Kesalahan pertama adalah ketika Mansyur mengabaikan Asisten Wasit 2 Sudarmono yang telah mengangkat bendera tanda bola keluar lapangan.

BACA JUGA : Dua Suporter Persib Meninggal di Laga Persebaya vs Persib, Polda Jabar : Suporter Menjebol Pintu

Akibatnya, pemain Persebaya yang melihat asisten wasit menegaskan bola keluar kemudian terpengaruh konsentrasinya dan membiarkan lawan menendang bola yang menjebol gawang Persebaya.

“Kok wasit tengah tidak melihat asisten wasit mengangkat bendera. Bukankah wasit dilengkapi sistem komunikasi sehingga bisa saling mengingatkan,” kata pria yang pernah menjabat manajer Persebaya U-16 tersebut.

Lanjutnya Yahya, kesalahan fatal kedua adalah saat striker Persebaya Silvio Junior mencetak gol pada babak kedua.

BACA JUGA : Hasil Persebaya vs Persib : Maung Bandung Raih Kemenangan Perdana

Saat itu, Mansyur menganggap bek Persebaya Leo Lelis sudah melakukan pelanggaran terhadap pemain Madura United Cleberson. Momen itu terjadi sesaat sebelum Silvio Junior mencetak gol.

“Gol Silvio klir itu, kejadian Lelis dengan bek Madura juga fifty-fifty berebut posisi, tidak ada pelanggaran. Bola masuk, bersih tetapi dianulir oleh wasit tengah,” ucap pria berdarah Arab tersebut.

Untuk menguatkan protesnya ke PSSI, kubu Persebaya sudah memiliki rekaman detail insiden-insiden yang dianggap jadi blunder Mansur.

BACA JUGA : Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares Kritik Kinerja Wasit Liga 1

Selain itu, publik juga sudah melihat di tayangan langsung maupun potongan video yang memang sedang viral di media sosial.

Yahya menambahkan, kepemimpinan wasit Mansyur pada laga Persebaya vs Madura United itu, membuat Bajul Ijo harus menerima kenyataan ditahan imbang 2-2. (jpnn/fat/pojoksatu)