FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India, Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

federasi sepak bola India, All India Football Federation (AIFF) pada Selasa (16/8/2022). Foto ilustrasi : via laman India.postsen.com
Federasi sepak bola India, All India Football Federation (AIFF) pada Selasa (16/8/2022). Foto ilustrasi : via laman India.postsen.com

POJOKSATU.ID, JAKARTA – India dipastikan batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2022. Itu setelah FIFA menjatuhkan sanksi tegas berupa pembekuan federasi sepak bola India, All India Football Federation (AIFF) pada Selasa (16/8/2022).


FIFA membekukan AIFF karena adanya pengaruh dari pihak ketiga, yakni politik dan hukum terhadap ‘dapur’ dari AIFF, terkait pemilihan ketua umum.

Intervensi dari pihak ketiga terhadap organisasi di bawah naungan FIFA merupakan hal paling diharamkan.

FIFA sejatinya sudah mengingatkan AIFF jika terjadi intervensi dari pihak ketiga maka federasi anggota bisa mendapat sanksi pembekuan, sama seperti negara lainnya.


Pada awal Agustus, Mahkamah Agung India meminta Komite Eksekutif AIFF menggelar pemilihan ketua umum seusai jadwal yang diberikan Komite Administrator (CoA).

BACA JUGA : Profil Timnas Curacao, Calon Lawan Indonesia di FIFA Matchday

Pemilihan nantinya diadakan pada 28 Agustus, sedangkan proses pemungutan suara dilakukan sejak 13 Agustus.

Intervensi inilah yang membuat FIFA membekukan AIFF dari dunia sepak bola internasional.

FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah mengirim tim yang dipimpin Sekretaris Jenderal AFC, Windsor John untuk bertemu pihak AIFF.

BACA JUGA : Timnas Indonesia Tampil Apik di Kualifikasi Piala Asia 2023, Begini Dampaknya Terhadap Rangking FIFA

Misi mereka mengamankan statuta serta mengadakan pemilihan ketua umum paling lambat 15 September.

“Hukuman akan dicabut jika telah ada perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AFF, dan administrasi AIFF mendapatkan kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF,” tulis FIFA.

Dengan begitu, Piala Dunia Wanita U-17 2022, yang sedianya berlangsung di India pada 11 hingga 30 Oktober tidak dapat digelar sesuai rencana.

BACA JUGA : FIFA Larang Klub dan Timnas Rusia Ikut Kompetisi

Sebelumnya, turnamen ini dijadwal berlangsung pada 2020 lalu, tetapi juga ditunda karena adanya pandemi Covid-19. (jpnn/fat/pojoksatu)