Menpora Amali dan Ketua PSSI Ikut Nimbrung Angkat Trofi Piala AFF U-16 2022, Begini Klarifikasinya

Suasana Menpora Amali dan Ketum PSSI M Iriawan bersama Timnas U-16 Indonesia saat selebrasi Juara Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8) malam. Foto: Humas Kemenpora
Suasana Menpora Amali dan Ketum PSSI M Iriawan bersama Timnas U-16 Indonesia saat selebrasi Juara Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8) malam. Foto: Humas Kemenpora

POJOKSATU.ID, SLEMAN – Menpora Zainudin Amali jadi sorotan usai Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8) malam lalu.


Penyebabnya, Menpora Amali ikut mengangkat trofi di podium juara Piala AFF U-16 2022.

Beberapa saat kemudian, Menpora Amali menjadi perbincangan di media sosial seusai laga final Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta itu.

Bukan cuma Menpora Amali, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga ikut nimbrung dalam prosesi pengangkatan trofi Piala AFF U-16 2022.


Lazimnya, dalam perayaan juara memang hanya pemain dan pelatih yang merayakan di atas podium.

“Saya itu awalnya diminta oleh master of ceremony (MC) untuk naik ke atas panggung bersama Presiden AFF, Sekjend AFF, Ketum PSSI dan Sekjend PSSI,” kata Menpora Amali, Sabtu (13/8).

BACA JUGA : Indonesia Juara, Iqbal Gwijangge Pemain Terbaik Piala AFF U-16 2022

“Kami secara bergantian memberikan penghargaan dan mengalungkan medali, mulai dari wasit, pencetak gol terbanyak, penjaga gawang hingga pemain terbaik,”

Menurut Menpora Amali, dirinya bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjend AFF diminta oleh Presiden AFF, untuk penyerahan piala dan memegang trofinya.

Kemudian untuk bersama diangkat ke atas juga bersama-sama.

BACA JUGA : Anak Bima Sakti yang Berkebutuhan Khusus Punya Andil di Balik Sukses Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022

“Saya mendapat giliran menyerahkan kepada pemain terbaik (M. Iqbal) dan mengalungkan medali bersama Ketum PSSI kepada juara I (Indonesia). Setelah selesai semuanya, tibalah saatnya penyerahan piala AFF U-16 oleh Presiden AFF kepada Captain Tim (M. Iqbal),” ujar Menpora Amali.

“Saat itulah Presiden AFF meminta saya bersama Ketum PSSI dan Sekjen AFF untuk memegang piala bersama-sama kemudian diangkat keatas bersama-sama,” urai Menpora Amali menambahkan.

Seusai penyerahan trofi itu, Menpora Amali justru diajak kembali oleh M. Iqbal dkk untuk kembali berfoto bersama dengan momen mengangkat trofi.

BACA JUGA : Bawa Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Merendah : Sebut 2 Sosok Ini Paling Berjasa

Jadi, M Iqbal dkk yang mengajak Menpora Amali sambil mengangkat trofi sebagai euforia kebanggaan atas kemenangan Timnas Indonesia U-16.

Ramailah suasananya, anak-anak dengan riang gembira menikmati kemenangan sambil berfoto bersama.

Setelah itu, Menpora turun podium, tetapi baru beberapa langkah Iqbal dkk serta ofisial memanggil lagi supaya saya bersama Ketum PSSI berfoto dengan mereka.

“Ada juga momen yang sambil mengangkat piala trofi itu. Jadi, bukan keinginan saya,” sebut Menpora Amali.

Namun, Iqbal dkk yang sedang gembira meminta dia berfoto memegang piala dengan mereka.

“Bahkan, saya juga diajak keliling lapangan bersama mereka sambil menyapa penonton. Begitulah kejadian sebenarnya,” pungkas Menpora Amali dalam klarifikasi yang disampaikannya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam U-16 dengan skor 1-0 di partai puncak. Ini merupakan gelar kedua Garuda Asia di turnamen ini. (jpnn/fat/pojoksatu)