Anak Bima Sakti yang Berkebutuhan Khusus Punya Andil di Balik Sukses Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti (kiri) dan Kapten Garuda Asia, M Iqbal Gwijangge dalam konferensi pers usai final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8). Foto: Twitter/AFFPresse
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti (kiri) dan Kapten Garuda Asia, M Iqbal Gwijangge dalam konferensi pers usai final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8). Foto: Twitter/AFFPresse

POJOKSATU.ID, YOGYAKARTA – Anak Bima Sakti yang berkebutuhan khusus, Erisa disebut-sebut pelatih Timnas Indonesia U-16 itu usai Garuda Asia menjuarai Piala AFF U-16 2022.


Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengaku mempersembahkan gelar juara Piala AFF U-16 2022 ini, untuk anaknya itu.

Erisa, anak Bima Sakti ternyata punya andil di balik sukses Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Vietnam U-16 pada babak final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (12/8) malam.

Seperti diketahui, pada laga Indonesia vs Vietnam itu, para orang tua Garuda Asia diundang hadir ke Sleman menyaksikan langsung anak-anaknya bertanding.


Selama ini Bima Sakti memang punya cara unik membakar semangat anak asuhnya. Yaitu dengan memajang foto orang tua mereka di ruang ganti.

Dengan mengingat orang tua, Arkhan Kaka Putra dkk selalu tampil penuh semangat di lapangan untuk membanggakan orang tua mereka.

BACA JUGA : Bawa Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Merendah : Sebut 2 Sosok Ini Paling Berjasa

Tapi pada final Piala AFF U-16 2022, bukan cuma foto. Orang tua mereka langsung dihadirkan ke stadion.

Terungkap dalam konferensi pers usai Indonesia vs Vietnam, Bima Sakti mengakui kalau ide menghadirkan orang tua pemain Timnas Indonesia U-16 itu berasal dari anaknya.

“Saya turut berterima kasih kepada para pemain yang telah bekerja keras dan berusaha maksimal,” kata Bima Sakti dalam video jumpa pers, dikutip Pojoksatu.id dari unggahan twitter @AFFPresse.

“Semua pemain dalam kondisi fokus semuanya,” lanjut mantan Kapten Timnas Indonesia itu.

BACA JUGA : Daftar Juara Piala AFF U-16 : Indonesia Samai Australia dan Malaysia

“Tak lupa, kemenangan kali ini ingin saya persembahkan buat anak saya ya. Dia berkebutuhan khusus, tapi sekolah di sekolah umum.”

“Anak saya ini selalu WA saya terus. Yah, kayaknya bagus nih orang tua (pemain Timnas U16) didatangkan, dia ngasih saran saya gitu,” kata Bima Sakti.

Bak gayung bersambut, saran anak Bima Sakti itu kemudian disampaikan sang ayah ke Sekjen dan Ketum PSSI dan disetujui. Akomodasi dan transportasi mereka ditanggung PSSI.

Terbukti, kehadiran orang tua di Stadion Maguwoharjo membuat para penggawa Garuda Asia bermain penuh semangat menghadapi Vietnam hingga akhirnya menang 1-0.

BACA JUGA : Hasil Final Piala AFF U-16 Indonesia vs Vietnam : Garuda Asia Juara, Kado Manis HUT ke-77 RI

“Alhamdulillah orang tua ini bisa didatangkan, selama ini hanya melihat fotonya saja,” kata Bima.
Satu-satunya gol pada laga final Piala AFF U-16 2022 itu dicetak Muhammad Kafiatur Rizky pada masa injury babak pertama.

Ini menjadi gelar kedua bagi Indonesia U-16, sejajar dengan Australia dan Malaysia dalam daftar juara Piala AFF U-16 sepanjang sejarah.

Sebelumnya, Indonesia berjaya di turnamen ini pada edisi 2018 ketika Piala AFF U-16 digelar di Indonesia, tepatnya Stadion Delta Sidoarjo.

Kala itu Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Thailand lewat adu penalti.

Empat tahun berselang, Indonesia kembali berjaya. Kali ini tim besutan Bima Sakti, menaklukkan Vietnam 1-0. Selamat Garuda Asia! (fat/pojoksatu)