Prakiraan Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam : Adu Tajam Top Skor Piala AFF U-16 2022

Pelatih Indonesia U-16, Bima Sakti dan pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan saat konferensi pers jelang final Piala AFF U-16 2022, Kamis (11/8)
Pelatih Indonesia U-16, Bima Sakti dan pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan saat konferensi pers jelang final Piala AFF U-16 2022, Kamis (11/8). Foto: Twitter/AFFPresse

POJOKSATU.ID, YOGYAKARTA – Final Piala AFF U-16 2022 akan mempertemukan Timnas Indonesia U-16 lawan vs Vietnam U-16 di Stadion Maguwoharjo Sleman Yogyakarta, Jumat (12/8) malam WIB. Bagaimana prediksi susunan pemain Indonesia vs Vietnam.


Pertandingan final Piala AFF U-16 2022 merupakan ulangan laga terakhir penyisihan Grup C, 6 Agustus lalu.

Saat itu, duel Indonesia vs Vietnam dimenangkan Garuda Asia dengan skor tipis 2-1 untuk memastikan lolos ke semifinal dengan status juara Grup C.


Pada laga nanti malam, pelatih Bima Sakti diperkirakan akan kembali menurunkan The Winning XI seperti yang dimainkan pada babak semifinal, lawan Myanmar.

Namun mantan Kapten Timnas Indonesia itu mengingatkan anak asuhnya untuk bermain lebih baik, ketimbang saat penyisihan grup dulu.

“Para pemain harus tetap fokus di mana ini juga merupakan kesempatan kami untuk tampil lebih baik melawan Vietnam daripada yang kami lakukan sebelumnya,” kata Bima Sakti dalam konferensi pers jelang laga Indonesia vs Vietnam, Kamis.

BACA JUGA : Preview Indonesia vs Vietnam, Final Piala AFF U-16 2022 : Menanti Kado Terindah Garuda Asia

Bima juga berpesan kepada suporter Indonesia untuk mendukung Garuda Asia -julukan Timnas Indonesia U-16- dengan cara yang sportif.

“Saya harap para suporter juga berperilaku sportif,” ujarnya.

Sementara pelatih Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan mengaku sudah menyiapkan mental timnya untuk meredam agresivitas pemain Indonesia dan tekanan dari suporter Garuda Asia di Stadion Maguwoharjo Sleman.

“Pertandingan akan berlangsung intens mengingat dukungan dari para penggemar. Jadi kami telah mempersiapkan mentalitas para pemain untuk mendekati permainan dengan baik terutama di awal babak pertama,” kata Nguyen Quoc Tuan.

BACA JUGA : Daftar Juara Piala AFF U-16 Sepanjang Sejarah : Indonesia Baru Sekali, Thailand Rajanya

Lalu siapa saja yang mungkin akan dimainkan sejak awal oleh kedua pelatih?

Pada laga final malam ini, kedua pelatih dipastikan akan menurunkan skuat terbaiknya.

Bima Sakti kemungkinan kembali mengandalkan duet Arkhan Kaka Putra dan Nasbil Asyura di lini depan.

Nama terakhir akan jadi perhatian, mengingat Nabil saat ini tercatat sebagai top skorer sementara Piala AFF U-16 2022 dengan lima gol.

Kuartet gelandang Tegar Islami, Sultan Akbar, Riski Afrisal dan Kafiatur Rizky kemungkinan kembali dimainkan bersama sejak awal.

BACA JUGA : PSSI Boyong Orangtua Pemain Timnas Indonesia U-16 ke Yogyakarta, Nonton Langsung Final Piala AFF U-16

Di lini belakang, Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky Razak, Iqbal Gwijangge dan Habil Akbar tampaknya ditugaskan untuk mencegah Andrika Fatir Rahman kebobolan.

Sementara Nguyen Quoc Tuan juga kemungkinan besar menurunkan starting XI yang sama ketika melumat Thailand 2-0 di semifinal.

Phan Thanh Duc Thien yang merupakan top skorer sementara Vietnam di Piala AFF U-16 2022 (4 gol), bakal jadi andalan The Young Golden Star di lini depan.

Penyerang 15 tahun itu tampaknya akan diduetkan dengan Huynh van Danh.

Nguyen Quoc Tuan mungkin akan memainkan lima gelandang sekaligus untuk mengimbangi lini tengah Indonesia.

Mereka adalah Nguyen Cong Phuong, Le Duc Phat, Nguyen Xuan Toan, Le Dinh Long Vu dan Nguyen Trung Nguyen.

Di barisan pertahanan, trio bek tengah Vi Dinh Thuong, Khuc Trung Hieu dan Nguyen Huu Trong mungkin akan bermain sejak awal.

Sementara di bawah mistar gawang Vietnam, tampaknya akan kembali dipercayakan kepada Pham Dinh Hai.

Prediksi susunan pemain Indonesia vs Vietnam

Indonesia (4-4-2)

Andrika Fathir Rahman (GK); Rizdjar Nurviat Subagja, Sulthan Zaky Pramana Putra Razak, M Iqbal Gwijangge, Habil Abdillah Yafi Prasasti Akbar; Narendra Tegar Islami, Muhammad Sultan Akbar, M Riski Afrisal, Kafiatur Rizky; Arkhan Kaka Putra, Nasbil Asyura

Pelatih : Bima Sakti

Vietnam (3-5-2)

Pham Dinh Hai (GK); Vi Dinh Thuong, Khuc Trung Hieu, Nguyen Huu Trong; Nguyen Cong Phuong, Le Duc Phat, Nguyen Xuan Toan, Le Dinh Long Vu, Nguyen Trung Nguyen, Huynh van Danh, Phan Thanh Duc Thien

Pelatih : Nguyen Quoc Tuan

(fat/pojoksatu)