Bawa Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022, Bima Sakti Merendah : Sebut 2 Sosok Ini Paling Berjasa

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman (jaket hitam) tak kuasa menahan tangis haru usai anak asuhnya memastikan gelar juara Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8). Foto: tangkapan layar live streaming vidio.com
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman (jaket hitam) tak kuasa menahan tangis haru usai anak asuhnya memastikan gelar juara Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8). Foto: tangkapan layar live streaming vidio.com

POJOKSATU.ID, YOGYAKARTA – Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti Tukiman merengkuh gelar juara Piala AFF U-16 2022. Garuda Asia jadi kampiun usai mengalahkan Vietnam 1-0 pada final di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (12/8) malam WIB.


Gol Muhamamd Kafiatur Rizky pada masa injury babak pertama, memastikan Timnas Indonesia U-16 menjadi juara untuk kedua kalinya, sepanjang sejarah turnamen ini.

Lebih membanggakan lagi, gelar juara Piala AFF U-16 2022 diraih Garuda Asia menjelang HUT Kemerdekaan RI yang ke-77.

Bagi pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, gelar ini jadi kado khusus buat Bangsa Indonesia.


Mantan Kapten Timnas Indonesia itu mengakui memomentu HUT Kemerdekaan RI memang dijadikan motivasi kepada anak asuhnya untuk berjuang maksimal lawan Vietnam.

BACA JUGA : Daftar Juara Piala AFF U-16 : Indonesia Samai Australia dan Malaysia

“Alhamdulillah kami juara. Ini berkat kerja keras semua pemain, semua pelatih dan ofisial,” ujar Bima Sakti dalam wawancara usai laga final Piala AFF U-16 2022, Jumat malam.

“Saya persembahkan gelar ini untuk anak dan istri saya yang juga datang (ke Stadion Maguwoharjo) dan untuk Bangsa Indonesia,” ujarnya.

“Kami sampaikan ke pemain. Ini kesempatan, tidak akan terulang. Semua bertekad memberikan kado ulang tahun untuk Indonesia,” lanjut Bima Sakti.

BACA JUGA : Hasil Final Piala AFF U-16 Indonesia vs Vietnam : Garuda Asia Juara, Kado Manis HUT ke-77 RI

Meski telah membawa Timnas Indonesia U-16 berjaya di Piala AFF U-16 Boys Championship 2022, Bima Sakti tetap merendah.

Menurutnya, sukses Arkhan Kaka Putra cum suis jadi kampiun berkat jasa dua sosok penting.

“Paling berjasa adalah orang tua. Mereka yang mendukung dan mengarahkan anak-anaknya sejak awal untuk bermain bola.”

“Kedua, pelatih pertama di sekolah sepak bola (SSB) atau di klub. Saya hanya meneruskan hasil binaan mereka,” kata Bima merendah.

BACA JUGA : PSSI Boyong Orangtua Pemain Timnas Indonesia U-16 ke Yogyakarta, Nonton Langsung Final Piala AFF U-16

Terakhir, Bima berpesan kepada para penggawa Timnas U-16 Indonesia untuk tidak cepat puas dengan pencapaian ini. Jalan masih panjang. Masih banyak tantangan ke depan yang harus ditaklukkan.

“Jangan sombong, eforia jangan terlalu berlebihan. Kita siap-siap untuk kualifikasi Piala Asia U-16,” pungkasnya. (fat/pojoksatu)