Garuda Asia Terbang ke Final Piala AFF U-16 untuk Kali Ketiga, Bima Sakti Minta Maaf Gara-gara Ini

Pertandingan semifinal Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia vs Myanamr di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (10/8) malam WIB. Foto: twitter/affpresse
Pertandingan semifinal Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia vs Myanamr di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (10/8) malam WIB. Foto: twitter/affpresse

POJOKSATU.ID, YOGYAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman bersyukur anak asuhnya mampu memenangi laga sengit lawan Myanmar U-16 pada semifinal Piala AFF U-16 2022, Rabu (10/8) malam WIB.


Pada pertandingan semifinal Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Garuda Asia -julukan Timnas Indonesia U-16– menang adu penalti 5-4, setelah bermain imbang 1-1 dalam 90 menit.

Indonesia pun lolos ke final Piala AFF U-16 untuk kali ketiga sepanjang sejarah turnamen pemain muda ini.


Dalam konferensi pers usai pertandingan Indonesia vs Myanmar, Bima Sakti menyampaikan permohonan maaf kepada suporter Garuda Asia.

BACA JUGA : Daftar Juara Piala AFF U-16 Sepanjang Sejarah : Indonesia Baru Sekali, Thailand Rajanya

“Alhamdulillah akhirnya kami menang. Saya memohon maaf kepada suporter yang hadir di stadion dan penonton di rumah karena ini sedikit menegangkan. Tapi akhirnya kami bisa menang,” kata mantan Kapten Timnas Indonesia itu, Rabu.

Menurutnya, strategi bertahan Myanmar memang membuat anak asuhnya kerepotan membobol gawang lawan.

“Myanmar bermain dengan taktik parkir bus ya, membuat kita kesulitan mencetak gol,”ujarnya.

BACA JUGA : Indonesia Lawan Vietnam Lagi di Final Piala AFF U-16, Garuda Asia Favorit Juara

Namun perubahan strategi yang dilakukannya di babak kedua, setelah tertinggal 0-1 di babak pertama, berbuah hasil positif.

“Di babak kedua, kita rubah formasi dengan memainkan dua striker.”

Bima Sakti juga menyoroti lini serang Timnas Indonesia U-16 yang menyia-nyiakan begitu banyak peluang di kotak penalti Myanmar.

BACA JUGA : Hasil Indonesia vs Myanmar : Lewat Adu Penalti, Garuda Asia Lolos Final Piala AFF U-16 2022

“Banyak kesempatan (mencetak gol) yang terbuang. Mudah-mudahan tidak terulang pada saat menghadapi Vietnam (di final),” tuturnya.

Final Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia vs Vietnam rencananya dihelat di Stadion Maguwoharjo Sleman pada Jumat (12/8) mendatang.

Ini adalah laga ulangan babak penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022, di mana kala itu Indonesia menang tipis 2-1. (fat/pojoksatu)