2 Hal Ini Jadi Perhatian Pelatih Vietnam Jelang Lawan Indonesia di Final Piala AFF U-16

Pertandingan Indonesia vs Vietnam pada laga terakhir Grup C Piala AFF U-16 2022. Kedua tim kembali bentrok pada babak final, Jumat (12/8) malam
Pertandingan Indonesia vs Vietnam pada laga terakhir Grup C Piala AFF U-16 2022. Kedua tim kembali bentrok pada babak final, Jumat (12/8) malam. Foto: dok.laman aseanfootball.org

POJOKSATU.ID, YOGYAKARTA – Pelatih Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan sudah menyusun sejumlah rencana untuk diterapkan saat menghadapi Timnas Indonesia U-16, pada final Piala AFF U-16 2022.


Seperti diketahui, final Piala AFF U-16 Boys Championship 2022 akan mempertemukan Indonesia vs Vietnam di Stadion Maguwoharjo Sleman, Jumat (12/8/2022) malam.

Ini merupakan laga ulangan penyisihan Grup C, 6 Agustus lalu. Saat itu, Garuda Asia -julukan Timnas Indonesia U-16– menang tipis 2-1.


Mengingat anak asuhnya sudah punya pengalaman buruk menghadapi Arkhan Kaka Putra cum suis, Pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan menyiapkan dua hal penting.

Pertama soal mental. Ia meminta anak asuhnya tampil percaya diri, meski tampil di kandang lawan.

BACA JUGA : Garuda Asia Terbang ke Final Piala AFF U-16 untuk Kali Ketiga, Bima Sakti Minta Maaf Gara-gara Ini

Sebab, mereka bukan hanya melawan Indonesia yang selalu bermain agresif, tetapi juga tekanan dari ribuan suporter yang memadati Stadion Maguwoharjo.

“Kami telah menyiapkan mental dan kepercayaan diri untuk pertandingan nanti (final Piala AFF U-16 2022, red),” ucap Nguyen, dikutip Pojoksatu.id dari Jpnn.com.

Selain soal mental, Nguyen juga meminta tim besutannya selalu fokus sepanjang laga untuk meredam agresivitas Skuad Garuda Asia.

“Kami hanya perlu berhati-hati dan fokus pada sepanjang laga babak pertama dan kedua,” imbuhnya.

BACA JUGA : Daftar Juara Piala AFF U-16 Sepanjang Sejarah : Indonesia Baru Sekali, Thailand Rajanya

Bagi Vietnam, pertandingan besok malam adalah final ketiga di Piala AFF U-16 dengan sistem knock out.

Final pertama pada edisi 2016 di Kamboja, mereka kalah adu penalti dari Australia.

Setahun kemudian, Vietnam menang adu penalti lawan tuan rumah Thailand untuk meraih gelar kedua mereka sepanjang sejarah turnamen ini.

Sementara Indonesia juga akan melakoni final ketiganya. Penampilan perdana di partai puncak Piala AFF U-16 2013 di Myanmar.

Kala itu, Garuda Asia kalah adu penalti lawan Malaysia.

BACA JUGA : Indonesia Lawan Vietnam Lagi di Final Piala AFF U-16, Garuda Asia Favorit Juara

Indonesia meraih gelar pertamanya di turnamen ini saat mengalahkan Thailand pada Piala AFF U-16 2018 juga lewat adu penalti di Stadion Delta Sidoarjo.

Kini di tangan Bima Sakti Tukiman, Timnas U-16 Indonesia berharap mengulang sukses empat tahun silam dengan mengalahkan Vietnam besok malam.

Pertandingan final Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia vs Vietnam akan digelar Jumat (12/8/2022) mulai pukul 20.00 WIB. Disiarkan langsung Indosiar. (jpnn/fat/pojoksatu)