Hasil Indonesia vs Myanmar : Lewat Adu Penalti, Garuda Asia Lolos Final Piala AFF U-16 2022

Para pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan gol Riski Afrisal ke gawang Myanmar U-16, pada semifinal Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (10/8) malam WIB
Para pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan gol Riski Afrisal ke gawang Myanmar U-16, pada semifinal Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (10/8) malam WIB. Foto: twitter/pssi

POJOKSATU.ID, YOGYAKARTATimnas Indonesia U-16 lolos ke final Piala AFF U-16 2022. Tiket partai puncak Boys Championship 2022 ini didapat Garuda Asia usai menang dramatis atas Myanmar di semifinal.


Pertandingan semifinal Piala AFF U-16 2022 antara Indonesia vs Myanmar sementara berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (10/8) malam WIB.

Pada laga Indonesia vs Myanmar ini, Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia U-16– menggempur pertahanan lawan hampir sepanjang laga.


Namun pemenang harus ditentukan lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam waktu normal. Indonesia akhirnya menang adu penalti 5-4.

Jalannya Pertandingan

Lini depan Timnas U-16 Indonesia yang diperkuat Nabil Asyura dan Arkhan Kaka Putra mendapat sejumlah peluang bagus.

Peluang terbaik Indonesia didapat pada menit ke-16 lewat sundulan Kaka, namun masih melenceng tipis.

BACA JUGA : Begini Cara Penentuan Lawan Indonesia di Semifinal Piala AFF U-16

Kiper Myanmar U-16, Sai Thi Ha Naing beberapa kali melakukan kesalahan antisipasi bola atas. Namun masih gagal dimanfaatkan anak asuh Bima Sakti.

Kafiatur Rizky juga nyaris memanfaatkan blunder kiper, namun sepakannya dari jarak dekat belum tepat sasaran.

Sibuk menggempur pertahanan Myanmar, gawang Indonesia U-16 yang dikawal Andrika Fatir Rahman malah kebobolan pada menit ke-44.

BACA JUGA : Update Indonesia vs Myanmar : Garuda Asia Menggempur, Tapi Malah Tertinggal

Gol Myanamr berawal dari halauan bola udara Andrika yang tidak sempurna. Nay Min Htet berada dalam posisi yang tepat untuk menyambar bola liar untuk menjadi gol.

Babak pertama Indonesia vs Myanmar berakhir dengan skor 1-0 untuk Timnas Myanmar U-16.

Selepas jeda, Indonesia U-16 masih menguasai permainan. Namun mereka mulai tampak frustasi karena kesulitan membongkar pertahanan lawan.

Bima Sakti melakukan penyegaran dengan memasukan Achmad Zidan Arrosyid dan Figo Dennis Saputrananto.

BACA JUGA : Jadwal Bola Malam Ini, 10 Agustus: Indonesia vs Myanmar, Real Madrid vs Frankfurt

Duet Zidan dan Figo mampu membuat lini tengah Garuda Asia lebih hidup.

Akhirnya Indonesia berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas Riski Afrisal. Skor imbang 1-1.

Beberapa saat kemudian tendangan salto Nabil Asyura nyaris membawa Indonesia berbalik unggul. Sayangnya bola hanya mengenai mistar.

Hingga 90 menit waktu normal, skor 1-1 antara Indonesia vs Myanmar tidak berubah.

Pemenang laga semifinal Piala AFF U-16 2022 ini pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Pada babak adu tos-tosan, Andrika berhasil menggagalkan tendangan penalti Shine Wanna Aung. Indonesia pun menang 5-4 dan lolos ke partai puncak.

Di final Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam yang pada Rabu sore tadi mengalahkan Thailand 2-0. (fat/pojoksatu)