Indonesia U-16 Pesta Gol ke Gawang Singapura, Bima Sakti : Jangan Dipuji Terlalu Tinggi

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman mengomentari kemenangan timnya 9-0 lawan Singapura pada lanjutan penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022, di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (3/8) malam WIB. Foto: Twitter @AFFPresse
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman mengomentari kemenangan timnya 9-0 lawan Singapura pada lanjutan penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022, di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (3/8) malam WIB. Foto: Twitter @AFFPresse

POJOKSATU.ID, YOGYAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman meminta anak asuhnya tetap membumi, usai pesta gol ke gawang SIngapura U-16.


Seperti diketahui, pada laga kedua Grup A Piala AFF U-16 Boys Championships 2022 antara Indonesia vs Singapura, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (4/8/2022) malam, Garuda Asia menang 9-0.

Usai pertandingan, Bima Sakti meminta anak asuhnya tidak cepat puas dengan kemenangan telak itu.


Mantan Kapten Timnas Indonesia ini mengakui performa Arkhan Kaka Putra dkk pada laga kontra Singapura memang ciamik.

Namun, hasil mengesankan pada laga itu tak boleh menjadikan para penggawa Timnas U-16 Indonesia jemawa.

BACA JUGA : Piala AFF U-16 2022 : Anak Asuhnya Libas Singapura 9-0, Bima Sakti Bilang Begini

Terutama karena perjuangan di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022 belum tuntas. Masih ada laga pemungkas, melawat Vietnam yang kualitasnya dinilai di atas Singapura dan Filipina.

Secara kekuatan, Vietnam memang layak diwaspadai. Mereka mampu tampil konsisten di dua pertandingan awal dengan mengalahkan Singapura 5-1 dan Filipina 5-0.

“Walaupun kami menang besar, tak boleh cepat puas. Tak boleh euforia terlalu besar dan merasa tinggi,” ujar Bima Sakti mewanti-wanti pemainnya.

Bukan itu saja, Bima juga meminta agar masyarakat pencinta sepak bola Indonesia dan timnas tak terlampau memuji kemenangan Garuda Asia atas Singapura.

BACA JUGA : Usai Dibantai Indonesia 0-9, Pelatih Singapura U-16 : Kami Kalah Segala-galanya

“Jangan memuji terlalu tinggi sehingga pemain tak besar kepala karena tim ini masih banyak kekurangan,” tutur eks kapten timnas itu.

Lebih lanjut, Bima meminta pemain untuk terus belajar dan memperbaiki kekurangan yang masih terlihat dalam dua pertandingan Grup A.

Vietnam menurut Bima, berbeda jauh dibandingkan Filipina dan Singapura. Karena itu, perlu lebih fokus, lebih disiplin dan ekstra kerja keras agar bisa lolos sebagai juara Grup A.

“Pemain harus banyak belajar lagi. Kami harus lebih waspada karena lawan selanjutnya, Vietnam, merupakan tim bagus,” tandasnya.

BACA JUGA : Update Klasemen Piala AFF U-16 2022 Usai Indonesia Cukur Singapura 9-0

Vietnam sendiri selama ini memang diprediksi bakal jadi lawan yang paling berat di Grup A.

Pertandingan Indonesia vs Vietnam akan digelar di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (6/8) malam.

Timnas Indonesia U-16 hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal dengan status juara grup.

Namun kemenangan atas Vietnam tentu akan menambah kepercayaan diri Garuda Asia untuk berjaya di Piala AFF U-16 2022 ini. (jpnn/fat/pojoksatu)