Besok Kick-off Liga 1 2022/23, Ada 4 Pertandingan, Laga Bali United vs Persija Dianggap Pembukaan

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali didampingi Ketua PSSI M Iriawan dan sejumlah petinggi Persib Bandung, saat meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), jelang kick-off Liga 1 2022/23, Jumat (22/7). Foto: arif/pojoksatu
Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali didampingi Ketua PSSI M Iriawan dan sejumlah petinggi Persib Bandung, saat meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), jelang kick-off Liga 1 2022/23, Jumat (22/7). Foto: arif/pojoksatu

POJOKSATU.ID, BANDUNG – Kompetisi kasta tertinggi Indonesia, Liga 1 musim 2022/23 mulai bergulir Sabtu (23/7) besok. Ada empat pertandingan yang akan digelar pada hari pertama ini.


Antara lain PSIS Semarang melawan RANS Nusantara FC pada pukul 15.00 WIB.

Lalu, ada laga PSS Sleman vs PSM Makassar (18.15 WIB), Madura United vs Barito Putera (18.15 WIB).

Terakhir di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali United vs Persija Jakarta pada pukul 20.00 WIB yang dianggap sebagai laga pembuka Liga 1 2022/23.


Jelang pembukaan Liga 1 musim 2022/23 itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengadakan rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

“Alhamdulillah sudah fiks bahwa besok kita akan kick off (Liga 1 2022/23) di Bali,” kata Iriawan di sela-sela kunjungannya ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (22/7).

BACA JUGA : Daftar Lengkap Skuad Arema FC untuk Liga 1 2022/23

“Dari sekian yang kami diskusikan salah satunya adalah Pak Menpora mengajak kami untuk melihat stadion GBLA yang akan dipakai untuk pertandingan home Persib Bandung,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule menegaskan bahwa untuk kelayakan stadion GBLA itu sudah layak.

“Oleh sebab itu kami berada di sini untuk memastikan kembali kelayakan stadion ini dan kita sudah melihat tadi, bahkan dari manajer Persib sendiri yang menjelaskan berkaitan dengan tempat yang kira-kira jadi tempat skrining mulai dari ring 3, ring 2, dan ring 1,” paparnya.

Iwan Bule menambahkan memang masih ada yang harus dibenahi pengelola GBLA.

BACA JUGA : Kondisi Terkini Trio Pemain Asing Persib Jelang Kick Off Liga 1 2022/23

Ia juga mengingatkan suporter Persib Bandung agar tidak ke GBLA jika belum mengantongi tiket.

“Yang kedua tentunya kepada suporter ketika Persib Bandung di mana ini suporter terbesar yang ada di Indonesia bahkan Asia, kami berharap sesuai dengan apa yang disampaikan oleh manajemen dan federasi, yaitu yang akan datang ke sini harus yang sudah punya tiket,” jelasnya.

Iwan Bule berharap tidak ada lagi kejadian dua Bobotoh meninggal seperti di Piala Presiden 2022 lalu.

Sebab hal itu membuat situasi sepakbola khususnya bagi Persib, Bobotoh dan suporter sepak bola pada umumnya dirugikan, karena tidak ada penonton.

BACA JUGA : Penonton Liga 1 2022/23 di Stadion GBLA Bandung Wajib Vaksin Booster

“Padahal kemarin kami ingin menggelar pertandingan Piala AFF U-19 di sini, tapi karena tidak ada penonton maka tidak mungkin.”

“Kalau pelaksanaan Liga 1 di sini (GBLA) tertib, bukan tidak mungkin FIFA matchday pada September mendatang, Timnas Indonesia akan bertanding di sini,” tutur Iwan Bule.

“Selain LOC kami ada yang bertanggung jawab dari LIB dan PSSI apalagi untuk GBLA yang kemarin baru kejadian.”

“Kita diskusikan bukan di sini saja, setiap stadion yang menjadi penyelenggara kompetisi, nanti ada dari PSSI dan LIB, nanti saya juga akan melihat ke sini,” pungkasnya. (rif/fat/pojoksatu)