Barcelona Rekrut Lewandowski, Pelatih Bayern : Ini Gila, Banyak Utang Tapi Royal Belanja

Menanggapi transfer Robert Lewandowski ke Barcelona, pelatih Bayern Munich, Julian Nagelsmann heran dengan klub yang banyak utang tapi royal belanja pemain. Foto-foto: gettyimages
Menanggapi transfer Robert Lewandowski ke Barcelona, pelatih Bayern Munich, Julian Nagelsmann heran dengan klub yang banyak utang tapi royal belanja pemain. Foto-foto: gettyimages

POJOKSATU.ID, MUNICH – Pelatih Bayern Munich, Julian Nagelsmann tampaknya belum bisa menerima kehilangan bomber sekelas Robert Lewandowski yang hijrah ke Barcelona.


Bukan soal keputusan sang striker yang memutuskan hengkang, tapi tentang Barcelona yang semua orang tahu punya banyak hutang.

Namun pada jendela transfer musim panas 2022 ini, cukup royal belanja pemain.


Barcelona mengkonfirmasi penandatanganan Lewandowski dari Bayern pada Selasa (19/7) setelah saga transfer yang panjang.

Pemain berusia 33 tahun, yang memiliki satu tahun tersisa dalam kontraknya dengan Bayern Muenchen, akhirnya dibeli Barca dengan biaya 45 juta euro (Rp688 miliar).

Nagelsmann tidak dapat memahami bagaimana Barca dapat merekrut pemain dengan biaya mahal, mengingat hutang kolosal mereka.

BACA JUGA : Presiden La Liga Tegaskan Barcelona Tidak Sanggup Rekrut Lewandowski

“Ini adalah satu-satunya klub di dunia yang tidak memiliki uang, tetapi kemudian membeli semua pemain yang mereka inginkan,” kata pelatih asal Jerman itu, dikutip Pojoksatu.id dari Metro.co.uk.

‘Saya tidak tahu bagaimana mereka melakukannya. Agak aneh, agak gila.”

Barcelona dikatakan berhutang lebih dari 1 miliar euro atau Rp15 triliun lebih, sebagian besar karena pengeluaran yang berlebihan di pasar transfer selama lima tahun terakhir.

Akibatnya, klub tidak dapat menawarkan kontrak baru kepada pemain bintang Lionel Messi musim panas lalu.

BACA JUGA : Messi Tidak Tahu Malu, Pilih Striker Real Madrid Ketimbang Lewandowski

Superstar Argentina itu dengan terpaksa meninggalkan klub secara gratis ke PSG, namun sejak itu banyak pemain baru telah tiba di Camp Nou.

Barca menghabiskan 50 juta poundsterling untuk Ferran Torres dari Manchester City pada bulan Januari.

Sementara Memphis Depay, Eric Garcia, Sergio Aguero dan Pierre-Emmerick Aubameyang direkrut secara gratis, tapi Barca harus menanggung gaji yang jumlahnya cukup besar.

Selain Lewandowski, musim panas ini tim asuhan Xavi juga telah mengontrak Raphinha dari Leeds United seharga 58 juta euro.

BACA JUGA : Matthijs de Ligt Resmi Gabung Bayern, Dikontrak Hingga 2027, Gajinya Segini

Franck Kessie dan Andreas Christensen didapatkan secara gratis dari AC Milan dan Chelsea, namun dua yang terakhir pada awalnya tidak dapat didaftarkan di klub karena peraturan keuangan.

Aturan La Liga saat ini menyatakan bahwa Barcelona hanya dapat menghabiskan 1 juta euro untuk setiap 4 juta euro yang dihasilkan.

Barcelona juga gagal mengumpulkan dana besar dari upaya menjual sejumlah pemain bintang.

Sejauh ini, kepindahan permanen Phillipe Coutinho ke Aston Villa dan pinjaman Clement Lenglet ke Tottenham adalah satu-satunya pengeluaran yang signifikan.

Sementara penjualan yang seharusnya bernilai tinggi, Frenkie De Jong ke Manchester United sekali lagi terhenti karena sang pemain tidak ingin meninggalkan Spanyol. (fat/pojoksatu)